Tips Pintar Jaga Kesehatan Saat Jalani Puasa Ramadhan

Rabu, 22 April 2020 Share to
Tips Pintar Jaga Kesehatan Saat Jalani Puasa Ramadhan

Tahun ini adalah tahun yang berbeda bagi umat muslim di seluruh dunia dalam menyambut bulan suci Ramadhan karena harus menjalaninya di tengah pandemi Covid-19. Supaya tetap sehat dan bisa menjalankan Ramadhan dengan baik, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan tips menjaga kesehatan di bulan Ramadhan saat wabah Covid-19 masih melanda sebagian besar negara di dunia.

1. Penuhi kebutuhan gizi dan hidrasi ketika berbuka

Imun tubuh yang tetap terjaga saat bulan Ramadhan harus kita miliki. Tidak hanya bermanfaat untuk mempertahankan stamina di kala bekerja dan berpuasa, imun tubuh yang baik juga bisa meminimalisir risiko terpapar virus corona.

Karena itu, agar imun tubuh tetap terjaga, perhatikan asupan gizi dan hidrasi ketika berbuka. Konsumsilah makanan segar dan bukan kemasan, dan perbanyak minum air putih.

2. Tetap melakukan kegiatan fisik

Kegiatan fisik juga disarankan untuk tetap dikerjakan selama bulan puasa. Walaupun ada pembatasan secara intensitas dan jenis gerakan yang dipilih, tapi kegiatan fisik penting untuk tetap dilakukan untuk tetap menjaga kebugaran. Karena adanya pembatasan sosial, olahraga di dalam ruangan lebih dianjurkan.

3. Tidak merokok

Merokok tidak disarankan, minimal selama Ramadhan dan saat pandemi Covid-19. Hal ini karena perokok umumnya sudah memiliki kapasitas paru-paru yang berkurang. Kondisi ini bisa meningkatkan resiko seseorang terjangkit Covid-19 dan menyebabkan ia tidak bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.

4. Perhatikan pembatasan fisik dan kebersihan diri ketika bersedekah

Bulan suci Ramadhan kurang lengkap tanpa pemberian amal kepada orang yang membutuhkan dan para yatim piatu. Jika Anda ingin tetap bersedekah, pastikan untuk selalu mematuhi pembatasan fisik dan selalu menjaga kebersihan diri, terutama kebersihan tangan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga ibadah puasa kita tetap lancar sampai hari kemenangan nanti!

Share to