Tips Turunkan Kadar Kolesterol di Fase New Normal

Jumat, 17 Juli 2020 Share to
Tips Turunkan Kadar Kolesterol di Fase New Normal

Di era new normal, di mana restoran dan warung makan sudah banyak yang mulai buka, membuat godaan untuk mengonsumsi makanan enak tanpa memperhatikan kandungan nutrisi menjadi lebih besar. Padahal, kandungan nutrisi sangat penting untuk diperhatikan agar kesehatan dan daya tahan tubuh tidak terganggu. 

Bahaya mengonsumsi makanan tanpa memperhatikan kadar nutrisi berisiko menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh menjadi tidak terjaga. Ingat, kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan kadar kortisol meningkat sehingga bisa membuat imun tubuh melemah dan menyebabkan aktivitas di era new normal tidak bisa kita  lakukan dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk menurunkan kolesterol yang dilansir dari laman situs WebMD.

  1. Rutin berolahraga

Berolahraga bisa membantu meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL). Ada banyak enis olahraga yang bisa dipilih, seperti jogging, bermain bulutangkis, dan bersepeda yang sedang menjadi tren belakangan ini.

  1. Menjaga tingkat stres

Saat stres, kolesterol akan meningkat dengan cepat. stres bisa menyebabkan kolesterol jahat (LDL) meningkat secara tidak langsung karena biasanya menyebabkan kebiasaan makan menjadi kurang sehat, sehingga tidak hanya LDL yang meningkat, berat badan pun beresiko menjadi berlebih..

  1. Konsumsi makanan berserat, ikan, dan minyak zaitun

Makanan berserat, ikan, dan zaitun adalah beberapa jenis makanan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Khusus untuk minyak zaitun, minyak ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) sampai 15%, mirip efek dosis rendah dari obat penurun kolesterol.

Itulah beberapa tips turunkan kadar kolesterol di fase new normal. Semoga bermanfaat!

 

Share to