Vaksin Covid-19 Bantu Pembentukan Sistem Daya Tahan Tubuh

Rabu, 27 Januari 2021 Share to
Vaksin Covid-19 Bantu Pembentukan Sistem Daya Tahan Tubuh

Untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19, selain sudah menerapkan kebijakan tetap di rumah dan PSBB, pemerintah juga melakukan pengadaan vaksin Covid- 19. Presiden RI Joko Widodo menjadi orang pertama yang akan menerima vaksin tersebut dan secara bertahap akan segera disalurkan ke seluruh Indonesia.

Vaksin Covid- 19 ini sangat penting untuk diberikan karena mampu memicu pembentukan sistem daya tahan tubuh yang akan melindungi kita dari penularan virus Covid-19. Agar lebih jelas tentang hal ini, berikut adalah 4 kandungan vaksin yang bisa memproses adanya pembentukan daya tahan tubuh kita.

  1. Antigen

Antigen adalah virus/bakteri yang sudah dimatikan atau dilemahkan yang ada di dalam vaksin. Virus/bakteri itu fungsinya adalah untuk melatih tubuh agar bisa mengendalikan dan melawan penyakit yang terkena di masa datang.

  1. Adjuvant

Adjuvant adalah substansi yang akan membantu memperkuat respons imun tubuh terhadap antigen.

  1. Pengawet

Pengawet dalam vaksin ini diperlukan untuk bisa membantu memastikan vaksin tetap efektif.

  1. Stabilisator

Stabilisator bertugas untuk melindungi vaksin selama proses penyimpanan dan pendistribusian. Dengan stabilisator, kandungan dalam vaksin akan tetap terjaga dan mampu bekerja secara efektif.

Semoga informasi ini bermanfaat dan ingat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan mendukung program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah agar pandemi Covid-19 bisa segera diakhiri.

 

Referensi: https://hot.liputan6.com/read/4442779/4-kandungan-vaksin-covid-19-bisa-picu-pembentukan-sistem-imun-tubuh

Share to