Waspada, Stres Bisa Picu Masalah Kolesterol dan Daya Tahan Tubuh!

Kamis, 23 Juli 2020 Share to
Waspada, Stres Bisa Picu Masalah Kolesterol dan Daya Tahan Tubuh!

Mungkin tidak sedikit dari Anda yang pernah mendengar anjuran untuk tidak stres karena bisa picu masalah kolesterol dan daya tahan tubuh. Anjuran ini sangat tepat karena memang dengan menjaga tingkat stres, kolesterol dan daya tahan tubuh dapat terjaga.  Berikut penjelasannya.

Stres bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon stres (hormon kortisol). Jika dibiarkan dalam jangka panjang, hormon iyang satu ini bisa berpengaruh pada timus (tempat limfosit diproduksi) dan menghambat produksi sitokin serta interleukin yang merangsang dan mengkoordinasikan aktivitas sel darah putih sehingga menyebabkan imun tubuh kita menjadi lebih lemah.

Dilansir dari laman situs Medical News Today (2013),  studi yang dilakukan pada 91.593 orang menemukan hubungan positif antara mereka yang mengalami stres kerja dan kadar kolesterol tidak sehat. Studi lain di tahun 2017 mengungkapkan, tekanan psikologis bisa menyebabkan peningkatan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), serta penurunan kadar kolesterol baik (HDL).

Dilansir dari detikHealth, senada dengan hal tersebut, seorang ahli medis, dr Adeline, menyebut bahwa stres bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) secara tidak langsung karena akan menyebabkan kebiasaan makan yang kurang sehat atau sering ngemil sehingga berat badan menjadi berlebih.

Karena itu, kita harus selalu memperhatikan asupan nutrisi harian dengan gizi seimbang, yakni karbohidrat, protein, sayuran, buah-buahan serta sumber lemak baik untuk menjaga daya tahan tubuh di era new normal. 

Tidak hanya itu, istirahat yang cukup 7-8 sehari dan melakukan kegiatan yang menyenangkan untuk menghindari stres dan olahraga minimal 30 menit sehari juga sangat penting dilakukan untuk bisa tetap sehat dan tidak mudah terinfeksi virus apapun, termasuk virus COVID-19.

 

Share to