Waspada, Stres Dapat Mempengaruhi Imun Tubuh!

Jumat, 2 Oktober 2020 Share to
Waspada, Stres Dapat Mempengaruhi Imun Tubuh!

Di tengah situasi pandemi yang masih saja terjadi saat ini, resiko seseorang terkena stres menjadi lebih besar. Berbagai informasi mengenai Covid-19 ditambah lagi dengan tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi membuat seseorang rentan terhadap stres. 

 

Padahal, stres bisa mengganggu imun tubuh yang akhirnya bisa menyebabkan tubuh gampang sakit. Dilansir dari laman situs CNN Indonesia, ahli alergi-imunologi FKUI, dr Sukamto, mengungkapkan bahwa semakin stres seseorang, maka orang tersebut akan mudah jatuh sakit.

 

Senada dengan dr Sukamto, dilansir dari laman situs detikHealth,  ahli kesehatan Gail Saltz mengungkapkan, ketika Anda stres maka tubuh akan memasuki fase yang berbeda. Fase ini mengikis kemampuan imun untuk menjaga tubuh dari berbagai virus dan bakteri yang masuk.

 

Gail Saltz menjelaskan, saat stres melanda kita pun akan menjadi mudah jatuh sakit. Akibat dari menurunnya imun tubuh ini, kita juga menjadi lebih rentan sakit kepala, sakit tenggorokan, mengalami masalah pencernaan, dan bahkan insomnia. Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan saat stres melanda?

 

Saat stres melanda, untuk meredakannya, Gail Saltz menyarankan kita untuk menarik napas dalam-dalam lalu menghembuskannya perlahan. Selain itu, kita juga disarankan untuk membiasakan diri berolahraga secara teratur. Untuk menjaga mood tetap stabil, jenis olahraga yang bisa Anda pilih misalnya yoga. 

 

Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Referensi: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200520065700-255-505115/alasan-stres-dapat-mengganggu-daya-tahan-tubuh

Share to