Yogurt Bisa Bantu Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19

Senin, 21 Desember 2020 Share to
Yogurt Bisa Bantu Tingkatkan Imun Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19

Di tengah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih terjadi, ada satu makanan sehat yang sedang naik daun dan menjadi pilihan banyak orang ini adalah yogurt. Tidak hanya memiliki rasa yang enak, yogurt yang merupakan fermentasi susu dikenal sangat menyehatkan.

Ada cukup banyak nutrisi yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi yogurt, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Yogurt juga sumber asupan tinggi probiotik atau bakteri baik yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Menurut seorang ahli kesehatan yang juga Medical editor SehatQ, dr. Reni Utari, pada dasarnya yogurt boleh dikonsumsi setiap hari. Kita disarankan untuk mengonsumsinya maksimal 3 cangkir per hari untuk mendapatkan manfaat minum yogurt yang optimal. Yogurt baik dikonsumsi baik pagi maupun malam hari.

Mengonsumsi yogurt di pagi hari, terutama saat perut masih dalam keadaan kosong, bisa membantu meningkatkan kadar hormon yang mengatur rasa kenyang sehingga bisa membuat kita tidak makan berlebihan nantinya.

Tenang rasa yogurt yang asam, dr. Reni mengatakan bahwa sejatinya yogurt aman untuk lambung. Bakteri baik yang terkandung dalam yogurt justru bisa membantu mengatasi gangguan di lambung dan saluran pencernaan. Ada beberapa ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi probiotik dalam keadaan perut kosong, tetapi ada pula yang menyarankan dikonsumsi setelah makan.

  1. Reni juga menambahkan bahwa pada dasarnya mikroorganisme yang dipakai dalam probiotik mampu bertahan hidup dalam berbagai kondisi pada lambung dan usus, tetapi memang akan lebih baik jika kita mengonsumsi yogurt bersama dengan makanan.
  2. Reni juga menyarankan untuk memilih yogurt yang tidak memiliki kandungan gula tinggi dan bebas lemak. Anda bisa menambahkan buah-buahan sebagai topping, seperti anggur, strawberry, pisang maupun blueberry agar lebih sehat dan lezat.

 

Referensi: https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/17/034700923/yogurt-bisa-tingkatkan-kekebalan-tubuh-di-tengah-pandemi-covid-19?page=all

Share to