3 Mitos Seputar Daya Tahan Tubuh yang Tidak Perlu Dipercaya

Senin, 2 November 2020 Share to
3 Mitos Seputar Daya Tahan Tubuh yang Tidak Perlu Dipercaya

Di tengah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih terjadi, menjaga daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan agar terhindar dari penularan virus corona. Ada beberapa yang rutin mengonsumsi vitamin ataupun melakukan vaksin demi meningkatkan sistem imun tubuh. Lalu, sudah benarkah hal tersebut?

Sebaiknya kita lebih berhati-hati, karena ternyata ada banyak mitos mengenai daya tahan tubuh yang beredar dan membuat mereka menjadi salah kaprah. Dilansir dari laman Harvard Medical School via laman situs Kompas.com, berikut adalah beberapa mitos seputar daya tahan tubuh lengkap dengan faktanya. 

  1. Semakin aktif sistem imun tubuh, akan semakin sehat

Fakta: Respon imunitas yang terlalu aktif justru berisiko mendatangkan gangguan autoimun, lupus, dan rheumatoid arthritis. Gangguan autoimun bisa terjadi karena tubuh tidak mampu membedakan antara sel sehat dan normal.

Hal ini kemudian menyebabkan antibodi yang seharusnya melawan bakteri dan virus penyebab penyakit justru bisa menyerang sel dan jaringan tubuh yang sehat.

  1. Konsumsi banyak vitamin bisa tingkatkan sistem imun tubuh

Fakta: Sampai sekarang, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa mengonsumsi banyak vitamin bisa meningkatkan imun tubuh.

Terlalu banyak konsumsi vitamin justru disebut-sebut bisa menyebabkan tubuh mengalami hipervitaminosis (kondisi di mana kadar vitamin dalam tubuh berlebihan sampai menyebabkan keracunan).

  1. Terlalu banyak vaksin berbahaya untuk tubuh

Fakta: Hampir semua hal yang dilakukan atau dikonsumsi bisa menimbulkan risiko. Namun, resiko  dari vaksin sangatlah kecil ketimbang manfaatnya. Seperti yang kita ketahui, vaksin bisa membantu tubuh untuk melawan penyakit dan tidak justru menyebabkan tubuh terserang penyakit.

Nah, itulah 3 mitos seputar daya tahan tubuh yang tidak perlu dipercaya. Semoga informasinya bermanfaat dan ingat selama pandemi masih berlangsung, selalu patuhilah protokol kesehatan!

 

Referensi:

https://health.kompas.com/read/2020/03/07/150000268/3-mitos-mengenai-daya-tahan-tubuh-yang-sering-bikin-salah-kaprah?page=all

Share to