4 Mitos Flu yang Masih Banyak Dipercaya Sampai Saat Ini

Senin, 27 Juli 2020 Share to
4 Mitos Flu yang Masih Banyak Dipercaya Sampai Saat Ini

Selama ini, ada beberapa mitos (anggapan salah) tentang penyakit flu yang beredar di masyarakat. Anggapan salah ini harus segera diluruskan agar tidak lagi dipercaya oleh masyarakat luas. Berikut adalah 4 mitos flu yang masih banyak dipercaya sampai saat ini.

  1. Mereka yang sehat tidak perlu  vaksinasi influenza

Tubuh sehat tidak memerlukan vaksinasi influenza adalah mitos dan sebuah anggapan yang salah kaprah. Dilansir dari laman situs halodoc.com, menurut dokter spesialis penyakit dalam dari Bethesda bernama Matthew Mintz, mereka yang tak pernah penyakit flu bukan berarti tidak berisiko alami penyakit flu sehingga ia tetap perlu vaksinasi influenza.

Vaksinasi influenza adalah bentuk pencegahan. Tidak cuma untuk diri sendiri, tapi juga penting untuk melindungi orang-orang terdekat agar tidak tertular penyakit flu.

  1. Vaksinasi influenza membuat kita kebal terhadap flu 

Walau sudah menjalani vaksinasi influenza, bukan artinya tubuh menjadi kebal dari penyakit flu. Tetapi, saat kita sudah melakukan vaksinasi influenza, gejala yang kita rasakan biasanya tidak separah mereka yang belum melakukan vaksinasi. Tidak hanya itu, resiko terkena komplikasi karena virus influenza juga lebih rendah. 

  1. Udara dingin penyebab penyakit flu

Paparan virus influenza pada seseorang adalah penyebab penyakit flu dan bukan udara dingin yang menjadi penyebab seseorang alami penyakit flu. Kondisi sistem daya tahan tubuh yang rendah membuat seseorang rentan alami penyakit flu walaupun tidak sedang berada dalam tempat yang dingin. Ruangan yang telah terpapar virus influenza lebih beresiko menyebabkan penularan ketimbang udara dingin.

  1. Harus ada perjanjian sebelum vaksinasi influenza

Tidak sedikit mereka yang enggan lakukan vaksinasi influenza karena harus melakukan penjadwalan dengan pihak rumah sakit untuk melakukan vaksinasi influenza. Faktanya tidak benar karena tidak sulit untuk melakukan vaksinasi influenza di rumah sakit tanpa harus menunggu jadwal berbulan-bulan sebelum melakukan vaksinasi. 

Namun, sebelum melakukan vaksin, ada baiknya jika Anda berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan kesehatan Anda terhadap obat-obatan yang nanti akan dipakai saat vaksinasi influenza.

Semoga bermanfaat informasinya dan jika Anda ingin tahu lebih jelas tentang hal ini bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis.

 

Share to