Air Kelapa Bisa Melancarkan Kelahiran Bayi? Ini Faktanya

Rabu, 29 Juli 2020 Share to
Air Kelapa Bisa Melancarkan Kelahiran Bayi? Ini Faktanya

Minum air kelapa bisa memperlancar persalinan. Mungkin tidak sedikit dari Anda yang pernah mendengar anggapan ini dan mungkin juga Anda salah satu yang percaya. Lalu, benarkah anggapan yang satu ini? Berikut penjelasannya.

Sampai saat ini ternyata belum ada bukti yang kuat tentang manfaat air kelapa untuk melancarkan persalinan. Hal ini diungkapkan oleh Guru Besar Teknologi dan Pangan IPB, Prof Dr Made Astawan, MS, yang dilansir dari laman situs detikHealth

Prof Made menjelaskan, tidak hanya ibu hamil, mereka yang tidak sedang hamil pun sangat baik kalau mengonsumsi air kelapa. Air kelapa menurutnya diketahui mengandung elektrolit yang jika dikonsumsi siapapun, bisa membantu menjaga tubuh menjadi selalu sehat.

Selain tidak setuju dengan anggapan air kelapa bisa memperlancar kehamilan, Prof Made juga tidak setuju dengan anggapan yang melarang ibu hamil mengonsumsi udang karena bisa menyebabkan kelahiran menjadi tidak lancar.

Menurut Prof Made, anggapan tersebut sama sekali tidak benar. Kenapa? Karena menurutnya, udang adalah sumber protein, mineral dan omega-3 yang terbukti sangat bermanfaat untuk para ibu hamil.

Anggapan lain yang masih sering didengar dan tidak disetujui oleh Prof Made adalah anggapan yang mengatakan bahwa ibu hamil dan menyusui jangan makan ikan atau seafood karena bisa menyebabkan ASI bau amis. 

Faktanya, menurut Prof Made, mengonsumsi 2 porsi ikan per minggu bisa membuat ibu lebih sehat. Tidak hanya sehat, ibu juga akan mempunyai volume dan kualitas ASI yang baik karena ikan tinggi kandungan asam lemak omega-3 yang diperlukan untuk perkembangan otak dan penglihatan sang buah hati. 

Share to