Anemia Hanya Terjadi pada Wanita? Ini Faktanya

Kamis, 27 Agustus 2020 Share to
Anemia Hanya Terjadi pada Wanita? Ini Faktanya

Anemia merupakan penyakit yang membuat penderitanya menjadi lebih mudah letih dan lelah. Penyakit anemia ini terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang tugas utamanya adalah menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Anemia sebaiknya segera diatasi karena kalau dibiarkan tanpa penanganan, bisa beresiko merusak organ tubuh lain, seperti organ jantung dan otak, dan bisa juga menyebabkan komplikasi yang membahayakan nyawa.

Ada anggapan yang mengatakan bahwa anemia hanya terjadi pada wanita? Benarkah anggapan ini atau hanya mitos belaka? Simak penjelasannya berikut ini.

Dilansir dari laman situs kesehatan, halodoc.com, anemia bisa terjadi pada siapa saja, baik itu mereka yang berjenis kelamin pria maupun wanita. Tetapi, memang harus akui, kasus anemia lebih banyak terjadi pada para wanita dibanding para pria.

Menurut Data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2013, jumlah kasus anemia pada wanita (sebanyak 23,9%) lebih besar dibanding kasus anemia pada pria (sebanyak 18,9%). Kenapa wanita lebih rentan mengidap anemia?

Penyebabnya adalah  kadar hemoglobin dan hematokrit pada wanita lebih rendah, kebutuhan asupan zat gizi lebih tinggi, serta fase hidup wanita yang membuatnya sering kehilangan banyak darah, seperti ketika menstruasi, persalinan dan masa nifas.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Anda memiliki pertanyaan tentang hal ini bisa bertanya langsung kepada ahli medis.

 

Share to