Benarkah Diet Vegan Ampuh Turunkan Berat Badan?

Minggu, 27 Desember 2020 Share to
Benarkah Diet Vegan Ampuh Turunkan Berat Badan?

Mereka yang menjalani pola makanan vegan menghindari semua produk hewani dalam makanan dan minuman. Bahkan, ada juga mereka yang memilih pola makan vegan juga benar-benar tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang berasal dari produk turunan hewani, seperti susu, madu, gelatin, kecap ikan, telur, dan lain sebagainya.

Ada banyak alasan yang mendasari keinginan seseorang untuk menjalani pola makan vegan yang salah satunya adalah ampuh menurunkan berat badan. Lalu apakah hasilnya diet dengan melakukan pola makan ini sudah terbukti?

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of General Internal Medicine, menyebutkan bahwa menjadi seorang vegan bisa membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Senada dengan hasil penelitian tersebut, satu penelitian lain dalam jurnal Nutrition and Diabetes juga mendapatkan hasil serupa.

Penelitian tersebut melibatkan 75 orang dengan berat badan berlebih (overweight). Mereka diminta untuk menerapkan pola makan tertentu. Peserta boleh menjalani pola makan vegan, atau terus makan makanan tinggi lemak termasuk dari sumber hewani untuk menurunkan berat badan.

Setelah 16 minggu, para peserta yang menjalani pola makan vegan diketahui sudah kehilangan lemak di area perut dalam jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan peserta yang memilih mengonsumsi sumber hewani.

Walaupun dinilai bisa membantu untuk menurunkan berat badan, sebaiknya kita juga mengetahui hal yang mungkin terjadi di balik pola makan vegan. Mengurangi atau bahkan tidak makan beberapa jenis makanan sama sekali diketahui berisiko kekurangan satu atau lebih zat gizi tertentu.

Sebagai contoh, vitamin B12 yang banyak terkandung dalam sumber makanan hewani. Mereka yang menerapkan pola makan vegan tentu beresiko kekurangan vitamin B12. Jika ini terjadi, mereka beresiko mengalami anemia.

Nah, jika Anda saat ini tertarik untuk menjalani diet vegan, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli medis atau ahli gizi agar tubuh Anda tidak kekurangan zat gizi yang akibatnya bisa mengganggu kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Referensi: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/03/154420220/benarkah-diet-vegan-baik-untuk-turunkan-berat-badan?page=all

 

Share to