Benarkah Minyak Kayu Putih Bisa Meredakan Kembung?

Rabu, 9 September 2020 Share to
Benarkah Minyak Kayu Putih Bisa Meredakan Kembung?

Minyak kayu putih merupakan minyak hasil penyulingan uap ranting dan daun segar pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra). Minyak kayu putih diketahui mengandung bahan kimia yang disebut sineol (cineole). Selain bisa memberikan sensasi hangat pada tubuh yang menenangkan, ada beberapa manfaat minyak kayu putih yang dipercaya baik untuk kesehatan seperti bisa membantu mengatasi perut kembung. 

Lalu, benarkah minyak kayu putih bisa meredakan kembung? 

Dilansir dari laman situs kompas.com, sifat karminatif yang dimiliki oleh minyak kayu putih bisa membatasi pembentukan gas, serta membantu menghilangkan gas yang sudah terbentuk di usus sehingga perut kembung pun teratasi. Jadi bisa disimpulkan, minyak kayu putih memang bisa membantu meredakan kembung.

Tidak hanya bisa meredakan kembung, minyak kayu putih juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan, seperti:

  • Melegakan pernapasan 

Sifat dekongestan dan ekspektoran yang dimiliki minyak kayu putih bisa membantu melegakan hidung, tenggorokan, dan organ pernapasan lainnya. Minyak kayu putih juga bisa membantu meringankan batuk, laringitis, faringitis, dan bronkitis.

  • Menghilangkan gatal gigitan serangga 

Minyak kayu putih  bisa membantu menghilangkan rasa gatal karena memiliki sifat anti peradangan. Sifat insektisida yang dimiliki minyak ini bahkan juga dapat mengusir serangga.

  • Mengurangi demam

Senyawa dalam minyak kayu putih mampu merangsang kelenjar Eccrine yang mengeluarkan keringat sehingga bisa membantu mengurangi demam. Tidak hanya itu, minyak ini juga membantu tubuh membuang racun melalui keringat.

 

Semoga informasinya bermanfaat!

Share to