Diabetes Juga Dipengaruhi Faktor Lho!

Jumat, 9 November 2018 Share to
Diabetes Juga Dipengaruhi Faktor Lho!

Anda pekerja malam? Atau suka menonton bioskop program televisi sampai larut malam? Percayalah, bahwa begadang terlalu sering memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Jika Anda mencari tahu lebih dalam mengenai apa saja penyakit timbul yang diakibatkan oleh seringnya begadang, Anda akan menemukan penyakit diabetes. Diabetes juga dipengaruhi faktor selain obesitas, ternyata juga disebabkan oleh kebiasaan yang susah dihilangkan.

Penyakit tidak menular ini setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kurangnya pengetahuan mengenai faktor-faktor penyebab diabetes dan jarang memperhatikan kesehatan tubuh sedini mungkin membuat warga Indonesia mudah terserang penyakit, salah satunya diabetes. Diabetes kini tidak hanya ditemukan pada usia lanjut saja, namun juga, pada kalangan muda dengan usia di bawa 40 tahun.

Beberapa ahli telah menemukan alasan mengapa begadang bisa menyebabkan diabetes. Hal tersebut dikarenakan kualitas tidur yang buruk dapat mempengaruhi metabolisme glukosa pada tubuh. Sehingga proses pendistribusian gula darah dan perubahan gula menjadi energi akan terganggu. Gangguan metabolisme tubuh tersebut pastinya dapat menurunkan sensitivitas insulin dan glukosa pada tubuh.

Tubuh yang kurang bertoleransi pada glukosa itulah yang menyebabkan kadar gula darah menjadi tidak seimbang dan penyakit diabetes bisa menyerang Anda. Begadang terlalu berlebihan juga mengakibatkan seseorang mengalami susah tidur dan menjadikan kualitas tidur semakin buruk. Semakin buruk kualitas tidur seseorang, semakin cepat orang tersebut terkena penyakit diabetes. Hal tersebut sudah sangat jelas bahwa gangguan tidur mengakibatkan tubuh rentan terkena diabetes.

Bahkan, menurut riset dari University of Chicago, Amerika Serikat, keseimbangan pada metabolisme tubuh mulai terganggu apabila seseorang begadang dalam waktu minimal 3 hari. Sekresi hormon insulin tidak sempurna dan mulai berkurang hingga 25%. Gula yang semestinya diubah menjadi energi, semakin menumpuk banyak di dalam darah. Hal itulah yang menyebabkan kadar gula darah meningkat dan menyebabkan diabetes.

Solusi yang tepat untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes adalah kurangi waktu kerja atau aktifitas Anda saat malam hari. Jangan abaikan waktu tidur malam yang cukup untuk kesehatan tubuh Anda. Karena saat tidur yang cukup itulah tubuh dan organ memulihkan diri dari rasa lelah setelah seharian beraktifitas. Diabetes juga dipengaruhi faktor yang sering dilakukan dan memakluminya, tanpa tahu bahwa hal tersebut berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Jadi, mulai dari sekarang jaga kesehatan tubuh.

Share to