Diet Gluten Free Lebih Sehat? Ini Faktanya

Jumat, 1 Januari 2021 Share to
Diet Gluten Free Lebih Sehat? Ini Faktanya

Belakangan ini diet gluten free jadi tren dan banyak dipilih oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan karena diklaim lebih sehat jika dibandingkan dengan program diet lain. Benarkah anggapan ini atau hanya mitos belaka? Berikut penjelasannya.

Satu hal penting yang harus Anda ketahui adalah diet gluten free ini tidak diperuntukkan untuk semua orang. Diet ini sejatinya ditujukan untuk mereka yang menderita celiac disease (keadaan di mana tubuh tidak dapat mencerna gluten yang terdapat dalam makanan).

Karena tidak bisa dicerna, tubuh akan menganggap gluten sebagai ancaman, lalu akan memproduksi antibodi yang berbalik menyerang lapisan dinding usus halus, sehingga bisa menimbulkan pembengkakan dan kerusakan jaringan usus halus. Rusaknya lapisan ini bisa berakibat pada berkurangnya kemampuan usus untuk menyerap zat gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Sampai saat ini belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan celiac disease sepenuhnya. Perawatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala celiac disease hanyalah diet gluten free. Penderita celiac disease harus menghindari makanan yang mengandung gluten.

Selain untuk penderita celiac disease, gluten free juga diperuntukkan untuk penderita autisme. Pada penderita autisme, gluten dan kasein yang masuk ke tubuh tidak mampu dicerna dengan sempurna dan hal ini bisa diinterpretasikan sebagai komponen berbahaya oleh otak. Hal ini menyebabkan penderita autisme mengalami perubahan perilaku. Dengan menghilangkan gluten dan kasein, diharapkan bisa terjadi peningkatan kognitif pada penderita autisme.

Setelah menyimak penjelasan di atas, anggapan bahwa diet gluten itu lebih sehat tidak sepenuhnya benar. Jika Anda tidak masuk dalam kategori yang disebutkan di atas, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli medis atau ahli gizi sebelum memutuskan untuk menjalani program diet gluten free.

 

Referensi: https://www.halodoc.com/artikel/mitos-dan-fakta-makanan-bebas-gluten

Share to