Fakta-fakta Unik Seputar ASI

Minggu, 2 Agustus 2020 Share to
Fakta-fakta Unik Seputar ASI

Selain memiliki peran penting untuk memenuhi nutrisi terbaik bagi sang buah hati, ASI juga menyimpan sejumlah fakta-fakta mengejutkan. Berikut adalah beberapa fakta unik seputar ASI yang menarik untuk disimak dalam rangka memperingati pekan ASI sedunia. 

  1. ASI penuh dengan gula

ASI ternyata memiliki rasa yang sangat manis, dalam hal susunan kimianya. ASI memiliki sekitar 200 molekul gula yang berbeda, untuk memenuhi berbagai tujuan. Saat bayi lahir, gula dalam ASI mampu menyediakan makanan bagi pertumbuhan populasi bakteri di dalam tubuh mereka. Oligosakarida, sejenis gula kompleks, yang terkandung dalam ASI bisa membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang baik.

  1. Membantu melawan infeksi

Dilansir dari laman situs klikdokter.com, menurut seorang pakar kesehatan dari University of Zurich, Thierry Hennet, gula yang terkandung dalam ASI juga bisa membantu mencegah bayi baru lahir dari infeksi. 

  1. ASI membantu ibu lebih mudah turun berat badan

Tidak sedikit wanita yang menyangka bahwa menyusui hanya akan memberikan keuntungan bagi sang buah hati. Padahal ibu yang menyusui juga bisa mendapatkan banyak manfaat terutama dalam hal kesehatan.

Berdasarkan hasil studi yang dilansir dari laman situs klikdokter, menyusui bisa a membantu untuk menurunkan berat badan pasca kehamilan, membantu penyusutan rahim serta mengurangi kehilangan darah pasca melahirkan.

Itulah beberapa fakta unik seputar ASI yang menarik untuk disimak. Semoga informasinya bermanfaat!

Share to