Fakta tentang Manfaat Infused Water untuk Kesehatan Tubuh

Selasa, 10 November 2020 Share to
Fakta tentang Manfaat Infused Water untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa tahun terakhir infused water populer dan menjadi bagian dari gaya hidup karena banyak yang percaya memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Padahal klaim-klaim tersebut tidak sepenuhnya benar. Berikut adalah beberapa klaim mengenai manfaat infused water lengkap dengan faktanya.

  1. Sebagai sarana detoks dan memperlancar metabolisme tubuh

Potongan lemon yang dimasukkan ke dalam air mineral lalu dikonsumsi diklaim sebagai sarana detoks yang baik bagi tubuh. Detoks berasal dari kepercayaan bahwa racun bisa menumpuk di dalam tubuh dan dengan pola makan khusus atau detoks, racun ini bisa disingkirkan. 

Tetapi sampai saat ini belum ada bukti bahwa racun menumpuk di dalam tubuh seiring waktu, karena jika memang benar maka tubuh akan sering sakit. Diet atau pola makan detoks, yang salah satunya dipercaya bisa dilakukan dengan mengonsumsi infused water, belum terbukti secara klinis berguna bagi kesehatan tubuh.

  1. Sebagai anti-penuaan

Air mineral yang dipadukan dengan buah-buahan kaya antioksidan, seperti delima dan stroberi, dianggap bisa menjadi sarana ampuh untuk melawan efek penuaan. Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas yang bisa berdampak buruk bagi tubuh. Mengonsumsi banyak buah dan sayur-sayuran menunjukkan hasil positif dalam menghambat proses penuaan.

Mengonsumsi infused water bisa memberikan manfaat lebih dalam anti-penuaan dibandingkan dengan minum air putih saja. Tapi kalau ingin memaksimalkan jumlah antioksidan di dalam pola makan sehari-hari, jangan hanya merendam buah di dalam infused water saja. Konsumsilah beragam buah dan sayur-sayuran secara langsung.

  1. Menurunkan berat badan menjadi lebih ideal

Mengonsumsi infused water banyak dipercaya mampu menurunkan berat badan. Namun sayangnya sampai saat ini belum ada riset medis yang membuktikan klaim tersebut. Berat badan ideal paling efektif didapat  dengan olahraga teratur dan pola makan yang sehat. Tapi memang dengan mengonsumsi lebih banyak air putih atau infused water kita bisa merasa lebih cepat kenyang sehingga porsi makanan bisa dikurangi.

Walau belum terbukti mengenai manfaat kesehatannya, bukan berarti infused water sama sekali tidak mendatangkan manfaat. Minuman ini bermanfaat, khususnya bagi mereka yang kurang suka mengonsumsi air putih dan anak-anak yang kurang suka mengonsumsi buah-buahan.

Dengan infused water, mereka bisa mengonsumsi air mineral dengan aneka rasa berbeda dan dapat diganti tiap hari sesuai dengan pilihan buah-buahan yang mereka inginkan. Semoga informasinya bermanfaat!

 

Referensi: https://www.alodokter.com/fakta-tentang-manfaat-infused-water

Share to