Fun Facts: Benarkah Serangan Jantung Bisa Terjadi karena Terkejut?

Rabu, 20 Januari 2021 Share to
Fun Facts: Benarkah Serangan Jantung Bisa Terjadi karena Terkejut?

Mungkin Anda pernah mendengar anggapan yang mengatakan bahwa mengagetkan seseorang bisa memicu serangan jantung. Lalu, benarkah serangan jantung bisa terjadi karena terkejut? Berikut adalah penjelasannya.

Anggapan ini ternyata benar adanya dan bukan mitos belaka.Walaupun memang jarang terjadi, efek terkejut atau kaget bisa mempengaruhi kondisi jantung dan membuat lonjakan adrenalin. Saat terkejut, tubuh secara otomatis akan mengaktifkan mode untuk melindungi diri. Mode ini dikenal dengan istilah fight or flight yang artinya melawan atau melarikan diri.

Otak juga akan membaca situasi ini seolah ada ancaman yang membahayakan.  Sistem saraf otak lalu menugaskan bagian-bagian tubuh tertentu untuk menyiapkan diri melawan atau melarikan diri dari ancaman tersebut, seperti dengan meningkatkan detak jantung, meningkatkan aliran darah ke otot, memperlambat pencernaan, dan melebarkan pupil mata.

Untuk mengaktifkan mode fight or flight ketika terkejut, otak akan memproduksi beberapa zat kimia seperti hormon adrenalin dan senyawa neurotransmitter. Reaksi kimia dari zat-zat itu adalah bisa menjadi racun bagi tubuh karena jika langsung dilepaskan dalam jumlah banyak sekaligus bisa merusak organ dalam seperti jantung, paru-paru, hati, dan ginjal. 

Dari kerusakan organ tersebut yang bisa menyebabkan kematian mendadak adalah kerusakan pada organ jantung karena menurut para ahli kerusakan pada paru-paru, hati, atau ginjal tidak akan berakibat fatal dan menyebabkan kematian.

Saat terkejut, hormon adrenalin akan mengalir dari sistem saraf otak menuju sel-sel otot jantung dan bisa menyebabkan kontraksi hebat pada otot jantung. Jika adrenalin yang masuk ke jantung terlalu banyak, otot jantung beresiko terus berkontraksi hebat dan tidak mampu melemas kembali. Akibatnya, jantung berdetak dengan kecepatan yang tidak wajar.

Tubuh kita tidak akan mampu menerima pacuan jantung yang dahsyat seperti ini. Aliran darah ke seluruh tubuh beresiko terhenti secara mendadak karena kegagalan fungsi jantung dan akhirnya menyebabkan kematian. Karena itulah sebaiknya Anda tidak sembarangan mengagetkan orang. 

Untuk menurunkan resiko kematian karena terkejut, kita bisa mencoba meditasi, yoga, atau teknik-teknik relaksasi lainnya. Relaksasi terbukti bisa membantu sistem saraf supaya tidak bereaksi secara berlebihan saat kita terkejut atau kaget.

Semoga informasinya bermanfaat!

 

Referensi: https://hellosehat.com/jantung/serangan-jantung/kaget-menyebabkan-kematian-mendadak

Share to