Fun Facts: Benarkah Teh Pahit Mampu Mengatasi Diare?

Jumat, 15 Januari 2021 Share to
Fun Facts: Benarkah Teh Pahit Mampu Mengatasi Diare?

Sudah sejak lama teh pahit dianggap punya banyak  manfaat dan salah satu yang dipercaya banyak orang adalah untuk membantu mengatasi diare. Benarkah teh Pahit mampu mengatasi diare? Berikut adalah penjelasannya.

Ditinjau dari segi medis, minum teh pahit untuk membantu mengatasi diare ternyata fakta dan bukan omong kosong belaka. Teh pahit memang terbukti secara medis bisa membantu mengatasi penyakit diare. Manfaat ini dimiliki teh pahit karena adanya kandungan zat tanin yang ada di dalam teh pahit.

Zat tanin akan memberikan efek astringen, yaitu membantu mengurangi kandungan air pada feses dan menurunkan frekuensi buang air besar saat Anda diare. Karena itulah bisa kita simpulkan kesimpulan bahwa manfaat teh pahit untuk diare adalah fakta dan bukanlah sebuah bualan belaka.

Nah, agar kita bisa mendapatkan manfaat minum teh untuk diare, berikut ini adalah beberapa hal harus diperhatikan:

  1. Jangan berlebihan. Cukup minum teh pahit sebanyak 3 kali dalam sehari untuk membantu mengatasi masalah diare.
  2. Minum selagi hangat. Jangan biarkan teh pahit menjadi dingin apalagi menambahkan es. Es, apalagi es balok beresiko mengandung kuman yang justru menyebabkan diare makin parah.
  3. Imbangi dengan minum air putih dan jangan hanya mengonsumsi teh pahit saja.
  4. Iringi dengan makanan rendah serat, seperti nasi putih yang mudah dicerna oleh tubuh, sehingga bisa membantu pergerakan usus untuk kembali normal.

Jika sudah mengonsumsi teh pahit namun diare belum mereda, segeralah memeriksakan diri ke fasilitas medis terdekat untuk mendapat pengobatan terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Referensi: https://www.sehatq.com/forum/benarkah-teh-pahit-bisa-mengobati-diare

 

Share to