Fun Facts: Sering Makan Gado-gado Picu Asam Urat?

Kamis, 28 Januari 2021 Share to
Fun Facts: Sering Makan Gado-gado Picu Asam Urat?

Salah satu sajian berbahan utama sayur khas negeri tercinta yang banyak digemari adalah gado-gado. Sajian ini bisa dikategorikan sebagai makanan sehat karena berbahan sayuran yang dipadukan dengan telur, kentang, kecambah, dan saus kacang. Namun, walaupun termasuk makanan sehat, ada anggapan yang mengatakan bahwa sering makan gado-gado bisa memicu asam urat.

Benarkah anggapan terlalu sering Makan gado-gado picu asam urat tersebut? Berikut adalah penjelasannya.

Penyebab penyakit asam urat adalah kebiasaan terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi purin. Umumnya, makanan yang tinggi kandungan adalah jeroan dan seafood atau makanan laut. Selain itu, memang ada beberapa jenis sayuran yang mempunyai kadar purin sedang.

Nah, kalau sayuran yang mengandung purin ini dikonsumsi berlebihan, maka purin bisa menumpuk di dalam tubuh dan akhirnya dimetabolisme tubuh menjadi zat asam urat yang beresiko menumpuk di dalam persendian dan mengakibatkan asam urat, seperti munculnya rasa nyeri pada tubuh dan adanya pembengkakan.

Gado-gado memang salah satu sajian berbahan sayuran yang mengandung purin, seperti bayam, kangkung dan daun singkong. Tapi bukan berarti kita harus menghindari dengan tidak mengonsumsi gado-gado agar bisa mencegah penyakit tersebut.

Mengonsumsi sayuran dengan kadar purin seperti bayam, kangkung, atau daun singkong, juga banyak manfaatnya. Namun sebaiknya pastikan untuk tidak mengonsumsinya berlebihan atau terlalu sering mengonsumsinya agar resiko terkena asam urat bisa diminimalisir.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Anda ingin tahu lebih lengkap tentang hal ini bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis atau ahli gizi.

 

Referensi: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3624280/sering-makan-gado-gado-picu-asam-urat

Share to