Garam Laut Lebih Sehat Dibandingkan Garam Dapur? Ini Faktanya

Sabtu, 10 Oktober 2020 Share to
Garam Laut Lebih Sehat Dibandingkan Garam Dapur? Ini Faktanya

Saat ini ada banyak produk makanan maupun minuman yang berhubungan dengan kesehatan dan banyak dijual di mana-mana. Bahkan tidak hanya makanan atau minuman, garam pun saat ini ada versi  yang dipercaya lebih sehat, yaitu garam laut. Sebenarnya apa beda garam laut dengan garam yang biasa dan benarkah garam laut lebih sehat?

Perbedaan utama antara garam laut dan garam dapur biasa adalah dari rasa, tekstur, dan proses pembuatannya. Garam laut diproduksi melalui proses evaporasi air laut atau dari danau air asin. Mineral dan komponen yang terdapat dalam garam laut tergantung dari jenis air apa yang dipakai. Mineral inilah yang kemudian memberi warna dan rasa pada garam laut sekaligus menentukan tekstur dan tingkat kekasaran garam.

Sementara garam dapur umumnya adalah hasil penambangan dan mengalami pemrosesan yang lebih panjang untuk menambah daya simpannya. Garam dapur juga umumnya mengandung aditif agar garam tidak menggumpal. Tetapi garam dapur yang dijual di pasaran sudah ditambahkan yodium yang membantu menjaga kesehatan fungsi tiroid.

Lalu, apakah garam laut lebih sehat dibanding garam biasa? Walaupun banyak yang menganggap garam laut lebih sehat jika dibandingkan dengan garam dapur, sebenarnya baik garam laut maupun garam dapur punya nilai gizi yang kurang lebih sama. Sebagai contoh, dalam jumlah dan berat yang sama, garam laut dan garam dapur mempunyai kadar sodium yang tidak jauh berbeda.

 

Referensi: https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/garam-laut-vs-garam-dapur-mana-yang-lebih-baik/

Share to