Ibu Menyusui Tidak Boleh Berpuasa, Mitos atau Fakta?

Kamis, 30 April 2020 Share to
Ibu Menyusui Tidak Boleh Berpuasa, Mitos atau Fakta?

Saat bulan Ramadhan, sebagian besar umat muslim dalam keadaan apapun akan mengusahakan untuk berpuasa, termasuk para ibu menyusui. Tapi, ada anggapan bahwa ibu menyusui tidak boleh berpuasa karena kualitas ASI yang diberikan kepada sang buah hati akan menurun membuat sebagian ibu menyusui bingung, apakah puasa saat menyusui itu aman bagi ibu dan sang buah hati atau tidak.

Dilansir dari sebuah artikel di laman situs halodoc.com yang telah direview oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim, mengungkapkan bahwa berpuasa bagi ibu menyusui tidak menjadi masalah. Walaupun begitu, ibu menyusui memang membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan sang buah hati.

Berpuasa bagi ibu menyusui juga tidak akan terlalu berdampak pada produksi ASI serta kesehatan ibu dan bayi. Pada dasarnya, puasa atau penurunan asupan kalori tidak akan berpengaruh pada produksi ASI.

Kalau terjadi penurunan berat badan ketika berpuasa, kondisi ini cuma berpengaruh pada kandungan lemak dalam ASI, bukan jumlahnya. Walaupun diperbolehkan, ada hal yang harus diperhatikan ini menyusui sebelum memutuskan untuk berpuasa.

1. Perhatikan asupan saat sahur

Saat sahur, konsumsi makanan dan minuman yang bergizi tinggi karena akan menjadi cadangan nutrisi dan kalori selama menjalankan ibadah puasa. Pilih bahan-bahan makanan yang kaya akan nutrisi, seperti bayam, brokoli, oat, wortel, ubi dan bawang putih.

2. Minum air putih atau cairan yang cukup

Saat buka puasa dan santap sahur, ibu menyusui wajib mengonsumsi cairan yang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang saat berpuasa selama kurang lebih 12 jam. Ibu menyusui bisa minum air putih atau cairan yang memiliki kandungan elektrolit untuk mencegah dehidrasi.

3. Cukup istirahat

Cukup istirahat penting untuk mencegah ibu menyusui mengalami kekurangan energi. Ibu menyusui bisa memanfaatkan waktu untuk tidur di siang hari supaya bisa menghemat energi. Kurangi juga aktivitas berat saat puasa agar ibu tidak terlalu lelah.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ini menyusui sebelum memutuskan untuk berpuasa. Jika Anda ingin informasi lebih jelas tentang hal ini, bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis.

Share to