Ingin Makan Seafood? Begini Batasnya

Kamis, 1 November 2018 Share to
Ingin Makan Seafood? Begini Batasnya

Menu seafood seperti kepiting saus padang, udang saus tiram, dan cumi goreng tepung, memang punya rasa yang sangat lezat dan bikin ketagihan. Tidak cuma lezat, seafood juga baik untuk kesehatan karena mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi dan zat gizi lainnya. Tapi Anda juga harus berhati-hati ketika mengonsumsi jenis makanan laut ini, terlebih untuk Anda yang mengidap kolesterol, karena seafood mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Karena itulah, Anda harus tahu batasan dan aturan makan seafood agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

  1. Batasi Porsinya

Berdasarkan info dari American Heart Association, asupan kolesterol tiap hari tidak boleh lebih dari 300 mg. Jika total asupan kolesterol yang Anda konsumsi di atas jumlah tersebut, kolesterol jahat akan menumpuk di pembuluh darah dan Anda menjadi berisiko tinggi mengalami stroke atau penyakit jantungĀ  stroke.

Makan seafood tidak dilarang dan boleh saja, asalkan jangan kalap. Batasi asupan seafood seperti kepiting, kerang, atau udang hanya kurang lebih 8 ons saja dalam satu minggu. Total kalori yang terkandung dalam jumlah makanan tersebut adalah 226 mg, sehingga bisa dibilang masih cukup aman untuk kesehatan tubuh.

  1. Olah dengan Cara Masak yang Sehat

Seafood yang diolah dengan digoreng bisa memberikan lebih banyak asupan kadar lemak trans dalam tubuh,sehingga akhirnya bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Karena itulah jika ingin mengonsumsi seafood tanpa perlu khawatir kolesterol naik, pilihlah menu seafood yang tidak diolah dengan cara digoreng, seperti direbus, panggang, kukus, atau kalaupun harus ditumis hanya memakai sedikit saja minyak saja atau akan lebih baik jika ditumis tanpa minyak sama sekali.

Ada cukup banyak pilihan menu seafood yang tidak digoreng tapi rasanya lezat seperti udang panggang, kerang rebus, tim ikan dan ikan bakar.

  1. Pakai Rempah-rempah

Alih-alih menggunakan banyak garam, Anda bisa menambahkan rempah-rempah dan bumbu-bumbu lainnya yang bisa membuat rasa seafood semakin lezat. Beberapa rempah jugfa ternyata bisa membantu menurunkan kolesterol, seperti bawang putih, yang menurut informasi di WebMD, bisa menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida hingga 20 mg/dL.

  1. Lengkapi Seafood dengan Makanan Berserat

Ketika ingin mengonsumsi seafood, jangan lupa juga untuk memesan hidangan berserat sebagai pendamping. sayuran atau kacang-kacangan seperti buncis dan kacang polong bisa menyeimbangkan kadar kolesterol dari seafood yang kamu konsumsi. Serat bisa membantu menurunkan kolesterol dengan mengikat asam empedu. Jadi, jangan lupa melengkapi hidangan seafood dengan hidangan berserat.

Itulah informasi tentang batasan dan aturan makan seafood agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Semoga bermanfaat!

Share to