Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Otak Waktu Lagi Senang

Senin, 2 Maret 2020 Share to
Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Otak Waktu Lagi Senang

Tentu kita semua pernah merasakan kesenangan karena sesuatu yang menyenangkan hati dan pikiran, rasa senang muncul di momen-momen tertentu seperti pernikahan atau bisa juga karena menang saat main game. Pada level emosional kesenangan kita bisa merasakan kesenangan tersebut dalam berbagai cara setiap individu pasti ada perbedaan, bisa keluar air mata atau pun merasakan kepuasan mendalam akan kesenangan ini.

Secara ilmiah kita merasa senang dalam neurotransmiter, yaitu sel yang mengirimkan sinyal diantara saraf dan sel. Neurotransmiter juga bertugas pada proses terhadap perasaan di tubuh kita, mulai dari alian darah sampai dengan pencernaan. Inilah yang terjadi pada tubuh dan otak ketika sedang senang

1. Sistem sirkulasi

Kita pasti menyadari jika sedang merasa senang akan mengakibatkan warna pipi menjadi merah merona serta jantung berdetak lebih cepat dari sebelumnya, itu disebabkan oleh sistem sirkulasi yang dapat mempengaruhi fisik melalui emosi.

2. Otak

Semua emosi yang kita rasakan berasal dari otak, untuk kesenangan sendiri karena dilepaskannya dopamine serta serotonin yang identik dengan kesenangan/kebahagiaan. Jadi saat merasakan kesenangan otak akan mengirim kedua zat tersebut ke sistem saraf pusat.

3. Sistem saraf Otonomi

Sistem saraf otonomi adalah yang bertanggung jawab atas yang terjadi di tubuh kita secara tidak disadari. Bernafas, pencernaan dan juga membesarnya pupil mata adalah karena saraf ini. Selain itu saraf ini juga berpengaruh pada otot halus yang berada di dinding organ berongga seperti perut dan usus.

Share to