Kolesterol dan Daging Musuhan, Masa Sih?

Senin, 5 November 2018 Share to
Kolesterol dan Daging Musuhan, Masa Sih?

Akibat dari pola makan yang kurang baik, kayak makan junk food atau fast food, kurang mengonsumsi makanan berserat lalu minimnya kegiatan fisik kayak olahraga bisa memicu seseorang mudah terserang penyakit, salah satunya adalah kolesterol. Mereka yang sudah mengidap kolesterol seringkali ketakutan dengan daging, selalu menganggap daging sebagai musuh. Lalu, siasat apa yang bisa dilakukan bagi mereka yang kolesterol supaya nggak musuhan sama daging?

  • Jenis dan pengolahannya

Mereka yang mengidap kolesterol tetap bisa mengonsumsi daging dengan catatan mengetahui jenis daging dan kita mengolah daging tersebut.

  • Pilih bagian dari dagingnya

Salah satu daging yang selalu dihindari adalah sapi, mereka yang memiliki kolesterol tinggi nggak masalah memakan daging sapi tapi ada baiknya memilih bagian dengan lemak paling sedikit, di bagian potongan pinggang (sirloin) atau has dalam (ternderloin).

  • Olahlah daging dengan benar

Rebuslah daging dengan membuang air rebusan pertama setelah 30 menit lalu rebus kembali hingga empuk. Kalau ingin mengambil air kaldunya, simpan dulu selama sehari di kulkas, lalu lemak yang memberku di permukaan atas dibuang dan gunakan airnya saja.

  • Say No to santan kental

Memang enak menikmati daging dengan campuran santan, kayak makan gulai atau rendang misalnya. Buat yang ingin makan daging, kamu bisa memilih olahan daging lainnya tanpa menambahkan santan kental. Misalnya dengan mengolahnya menjadi sup daging dan sayuran atau dipanggang seperti steak.

  • Sayuran

Daripada dipadukan dengan nasi, ada baiknya mengonsumsi daging dengan kombinasi sayuran. Kata beberapa ahli, sayuran yang dipadukan dengan daging bisa membantu mengurangi senyawa berbahaya saat proses pencernaan.

Dalam kondisi apapun, selalu perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya, bukan hanya asal kenyang atau asal makan saja. Karena apa yang Anda makan menjadi investasi jangka panjang untuk kesehatan. Dan perlu diingat, segala sesuatu yang berlebihan memang kurang baik, kalau Anda mengidap kolesterol tinggi dan ingin tetap memakan daging, siasatilah dan konsumsilah sebijak mungkin.

Share to