Mandi Air Panas Bisa Bunuh Corona, Benarkah?

Kamis, 16 Juli 2020 Share to
Mandi Air Panas Bisa Bunuh Corona, Benarkah?

Pada masa pandemi virus corona yang sampai saat ini tidak kunjung berakhir, mungkin tidak sedikit dari Anda yang sudah mendengar beberapa anggapan yang tidak akurat, seperti berkumur air garam bisa membunuh virus, atau cuka sari apel bisa menyembuhkan mereka yang terinfeksi virus corona. 

Anggapan seputar corona yang paling baru dan ramai beredar di media sosial adalah anggapan bahwa mandi air panas bisa membunuh virus Corona. Benarkah anggapan ini? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Dilansir dari laman situs kompas.com, seorang ahli kesehatan bernama Dr. Claudia Pastides di Babylon Health mengungkapkan bahwa teori yang mengatakan bahwa mandi air panas bisa membunuh virus Corona tersebut tidak masuk akal. 

Dr. Claudia menjelaskan, begitu virus masuk ke tubuh kita, itu tergantung pada sistem imun tubuh kita untuk membunuhnya. Mandi air panas dan minuman panas tidak akan mampu membunuh virus karena virus berada di dalam sel di tubuh.

Dr. Claudia menambahkan, tubuh kita mengatur suhunya dengan sangat hati-hati dan tidak akan membiarkannya naik secara drastis, walaupun kita minum minuman panas dan mandi air panas. 

Anggapan yang menyatakan panas mampu membunuh virus memang menyebabkan beberapa anggapan salah tentang virus corona bermunculan. Selain mandi air panas, menghembuskan udara panas dari pengering rambut ke kulit dan minum air hangat dianggap bisa mematikan virus corona. 

Tetapi Dr. Claudia menegaskan, tidak ada satu pun dari anggapan itu yang benar karena suhu tubuh internal kita tidak akan banyak berubah, berapapun suhu air mandi atau minuman yang kita konsumsi. 

Menurut Dr. Claudia , cara terbaik membunuh virus, kalau kita mungkin menyentuh virus itu di kulit, adalah dengan mencuci dengan sabun dan air atau memakai hand sanitizer. Semoga informasinya bermanfaat dan jangan percaya lagi mandi air panas bisa membunuh virus corona ya!

Share to