Manfaat Ikan Laut Bagi Kesehatan

Rabu, 6 Maret 2019 Share to
Manfaat Ikan Laut Bagi Kesehatan

Ikan laut, seperti salmon, makarel, tuna, sarden, dan lainnya, merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan. Selain itu, ikan laut pun dikenal kaya akan sama lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah dan memaksimalkan fungsi otak.

Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rutin konsumsi ikan laut, seperti dilansir dalam alodokter.

Mencegah Penyakit Jantung

Jika dibandingkan dengan daging merah, ikan laut mengandung protein yang lebih tinggi dan kadar kolesterol yang lebih rendah. Fakta lainnnya, ikan laut mengandung asam lemak omega-3 yang memang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Hal inilah yang membuat ikan laut dinilai sebagai salah satu makanan yang mampu menjaga kesehatan jantung, melancarkan peredaran darah dan baik untuk diet.

Menjaga Fungsi dan Kesehatan Otak

Masih berkaitan dengan kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan laut, banyak penelitian yang menyebut jika ikan laut ampuh untuk menjaga fungsi dan kesehatan otak, menurunkan gejala depresi dan mampu menurunkan risiko demensia.

Bagi anak-anak, ikan laut baik untuk membentuk dan memaksimalkan perkembangan otak anak, bahkan sejak masa kehamilan, konsumsi asam lemak omega-3 sangat disarankan.

Mendukung Kesehatan Tulang

Kalsium dan vitamin D merupakan komponen penting yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang, dan memaksimalkan pembentukan tulang anak-anak.

Selain dari sianr matahari, vitamin D ternyata bisa Anda dapatkan dari konsumsi ikan laut. Menurut National Health Service, konsumsi 8 gram ikan laut dalam sehari, sudah mampu memenuhi 75 persen kebutuhan vitamin D harian bagi orang dewasa.

Mengatasi Gangguan Tiroid

Hingga saat ini para ahli setuju jika kekurangan yodium dan selenium, merupakan salah satu faktor utama yang dapat meningkatkan risiko gangguan tiroid.

Ikan laut mengandung protein, yodium dan selenium yang cukup tinggi. Hal inilah yang membuat ikan laut baik untuk mengatasi dan mencegah gangguan tiroid. Kemampuan ini bahkan sudah dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition & Metabolism tahun 2014.

Share to