Olahraga Malam Mengganggu Waktu Tidur? Ini Faktanya

Jumat, 18 September 2020 Share to
Olahraga Malam Mengganggu Waktu Tidur? Ini Faktanya

Selama ini, ada anggapan berolahraga pada malam hari bisa berpengaruh buruk pada waktu tidur. Alasannya, berolahraga akan meningkatkan suhu tubuh, produksi keringat, detak jantung dan mendorong sistem tubuh untuk melepaskan epinephrine (adrenalin). Efek-efek ini dianggap akan membuat kita terjaga sepanjang malam. Benarkah demikian?

Menurut sebuah artikel di laman situs alodokter.com yang sudah ditinjau oleh dr. Allert Benedicto Ieuan Noya mengungkapkan, berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan bahwa orang yang berolahraga dalam waktu apapun (termasuk malam hari) akan membuat tidur lebih nyaman dibandingkan mereka yang tidak melakukan olahraga sama sekali. 

Dengan kata lain, olahraga, pada malam hari sekali pun, tidak akan berpengaruh buruk pada kualitas tidur kita. Namun sebelum melakukan olahraga pada malam hari, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Minum cairan yang banyak sebelum, selama, dan setelah berolahraga malam.

  1. Makan malam pada waktu yang tepat. Jangan makan dengan porsi besar, lalu langsung berolahraga. Waktu berolahraga yang tepat adalah 2-3 jam setelah makan malam. 
  2. Konsumsi makanan yang tepat. Sebelum makan malam, dianjurkan mengonsumsi kudapan ringan atau roti dengan selai. Setelah berolahraga, konsumsi asupan protein seperti ayam, salmon, telur, atau udang. Pastikan untuk tidak makan secara berlebihan mengingat anda akan tidur dalam waktu dekat.
  3. Buat rentang waktu beberapa jam antara olahraga dengan tidur. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh kembali normal, mengembalikan detak jantung seperti ketika beristirahat, serta tingkat adrenalin yang menjadi stabil.

 

Semoga informasi ini bermanfaat!



Share to