Olahraga yang Cocok Untuk Penderita Hipertensi

Rabu, 3 Juli 2019 Share to
Olahraga yang Cocok Untuk Penderita Hipertensi

Aktif berolahraga tak dipungkiri mampu mencegah tubuh dari berbagai penyakit, termasuk di antaranya hipertensi. Latihan fisik teratur yang diimbangi diet rendah garam dan pemeriksaan berkala terbukti bisa menurunkan tekanan darah, melancarkan aliran darah, serta menjaga kesehatan jantung.

Dengan kata lain, tak ada alasan bagi Anda malas berolahraga. Ada pun jenis-jenis latihan fisik yang membantu Anda mengendalikan hipertensi, antara lain:

  • Lari pagi

Lari termasuk salah satu cabang olahraga atletik populer, mudah, dan pastinya terjangkau. Gerakan-gerakan yang Anda praktikan selama berlari akan mendorong jantung memompa darah lebih cepat dan menjaga fungsinya secara maksimal. Dampak positif lain yang akan Anda rasakan dari lari pagi rutin adalah memaksimalkan pembakaran kalori untuk mendapatkan berat badan ideal.

  • Berenang

Jenis olahraga lainnya yang bermanfaat untuk tekanan darah adalah berenang. Selain meningkatkan metabolisme tubuh, berenang terbukti mengembalikan fungsi jantung hingga pembuluh darah. Anda yang punya masalah otot dan sendi juga bakal merasakan tubuh lebih bugar, sebab gerakan-gerakan renang memaksa bagian tubuh tersebut untuk aktif dalam ritme konstan.

  • Bersepeda

Bukan sekadar gaya hidup, bersepeda yang melibatkan otot-otot besar di bagian bawah tubuh termasuk jenis olahraga yang cocok untuk penderita hipertensi. Kegiatan ini akan membuat paru-paru bekerja lebih keras gara oksigen yang dibutuhkan tubuh tetap terpenuhi. Anda yang senang menjelajahi kota dapat memanfaatkan bersepeda sebagai rutinitas menyehatkan.

  • Senam

Kemudian, ada senam yang direkomendasikan untuk Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Olahraga aerobik ini berfungsi melenturkan sejumlah otot tubuh. Jika Anda membutuhkan kegiatan yang lebih simpel dan praktis, yoga akan memberikan dampak positif serupa. Meluangkan waktu 15 sampai 30 menit sehari untuk yoga tak hanya melatih pernapasan, melainkan juga menurunkan tekanan darah.

Tip olahraga bagi penderita hipertensi

Meski menyehatkan, olahraga untuk penderita hipertensi harus diperhatikan baik-baik. Oleh karena itu, Anda pastikan hal-hal ini dulu:

  • Jenis latihan sudah sesuai. Sebenarnya, sebagian besar jenis olahraga aman dilakukan bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Namun, Anda yang jarang atau sudah lama absen berolahraga sebaiknya memulai secara bertahap supaya tubuh tidak terlalu ‘kaget’;
  • Menyesuaikan waktunya. Seperti yang disebutkan, intensitas olahraga yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi, hanya tiga atau lima kali seminggu dengan durasi 30 menit. Jangan lupa juga untuk menyertakan pemanasan untuk menghindari cedera;
  • Pemanasan dan pendinginan. Dua tahap ini, sayangnya, kerap dilewatkan. Padahal dengan pemanasan dan pendinginan, tubuh Anda akan cepat membiasakan diri dengan olahraga yang hendak diterapkan. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari pegal-pegal.

Demikian pilihan olahraga yang aman dilakukan penderita hipertensi. Semoga Anda bersemangat untuk menjalani gaya hidup sehat!

Share to