Suka Mencabuti Bulu Hidung? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

Kamis, 15 November 2018 Share to
Suka Mencabuti Bulu Hidung? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

Bulu hidung terlalu panjang sampai menyembul keluar memang bikin risih. Kepercayaan diri seseorang juga dapat turun dibuatnya. Untuk mengatasinya, beberapa orang memilih mencabutnya—entah dengan alat atau manual menggunakan tangan. Namun, apakah cara tersebut aman? Adakah efek samping yang ditimbulkan dari kebiasaan yang terkesan sepele tersebut?

Fungsi bulu hidung untuk tubuh

Setiap anggota tubuh diciptakan dengan fungsi masing-masing, termasuk bulu hidung yang tampak kurang berguna. Dalam dunia medis, bulu hidung dikenal juga sebagai silia dan merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh untuk proteksi paru-paru.

Ketika Anda bernapas, bulu hidung akan menyaring partikel-partikel kecil sebelum dibawa masuk ke paru-paru. Tugas bulu hidung pun dibantu lendir yang akan memerangkap partikel-partikel jahat seperti kuman dan bakteri yang membahayakan tubuh. Jika ada partikel-partikel jahat berhasil menembus bagian tersebut, Anda biasanya akan bersin sebagai respons untuk mengeluarkan.

Dari gambaran ini saja, Anda mungkin sudah bisa membahayakan separah apa kondisi kesehatan tubuh tanpa kehadiran bulu hidung.

Bahaya mencabut paksa bulu hidung

Bulu-bulu halus yang tumbuh di dalam hidung Anda terdiri atas mikroskopik dan vibrassae yang berperan sebagai penyaring kotoran hingga lendir berbahaya. Sejumlah penelitian pun menyebutkan kurangnya ketebalan bulu hidung berpengaruh pada peningkatan risiko asma hingga rhinitis musiman. Kemudian, di sekitar mulut dan hidung ada sebuah area bernama danger triangle yang terhubung langsung ke otak. Jaraknya yang dekat dan berkaitan akan memudahkan bakteri dan kuman berbahaya masuk ke jaringan.

Dengan kata lain, mencabut bulu hidung secara tak langsung menaikkan risiko infeksi mematikan seperti abses otak hingga meningitis. Walau kemungkinan tersebut lebih besar terjadi pada orang-orang yang mempunyai sistem imun rendah, tetapi Anda tetap harus berhati-hati. Pasalnya, masih ada sejumlah efek samping yang dapat Anda rasakan seperti mudah mimisan sampai pendarahan di hidung.

Kalaupun Anda ingin menghilangkan bulu hidung, ada dua cara aman yang dapat diambil, antara lain:

  1. Trimming. Teknik ini biasanya menggunakan alat khusus dan dilakukan dengan memangkas bulu hidung beberapa senti sampai tidak terlihat dari lubang. Pastikan alat yang digunakan juga tajam sehingga tak menghambat trimming;
  2. Gunting cukur. Metode ini mungkin yang paling simpel dan sudah lama diandalkan. Seperti metode sebelumnya, Anda juga harus memakai gunting tajam dan bersih sebelum memotong bulu hidung.
Share to