Susu Murni Sebabkan Maag Makin Parah, Benarkah?

Selasa, 17 November 2020 Share to
Susu Murni Sebabkan Maag Makin Parah, Benarkah?

Pasti sudah banyak dari kita yang mengetahui bahwa susu murni mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh, seperti kalori, kalsium, dan lain-lain. Tetapi, ada yang mengatakan bahwa mengonsumsi susu bisa menyebabkan maag bertambah parah. Benarkah hal ini dan jika benar kenapa susu bisa sebabkan penyakit maag semakin parah? Berikut adalah penjelasannya yang dilansir dari sebuah artikel di laman situs halodoc.com dan telah ditinjau oleh dr. Rizal Fadli.

Pada lambung, asam yang diproduksi bertugas untuk mencerna makanan yang masuk dan membunuh bakteri merugikan yang ada di dalamnya. Mereka yang mengidap penyakit maag akan mengalami kandungan asam di lambungnya terlalu banyak. Akibatnya, akan timbul rasa nyeri pada ulu hati. 

Sebelumnya, mereka yang mengidap penyakit maag akan direkomendasikan untuk mengonsumsi banyak susu karena dianggap dapat membuat perut lebih tenang dan menyembuhkan iritasi. Tetapi, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena susu bisa merangsang perut untuk menghasilkan asam klorida dan membuat luka pada lambung menjadi semakin parah.

Tidak hanya karena susu, peningkatan gangguan lambung tersebut juga bisa disebabkan oleh asupan lemak jenuh, lemak tak jenuh, dan asam linoleat yang tinggi. Lalu apakah mereka yang menderita maag sama sekali tidak boleh mengonsumsi susu? Jawabannya mereka tetap boleh mengonsumsi namun disarankan untuk mengonsumsi produk susu fermentasi karena tidak akan menyebabkan maag. 

Asupan susu fermentasi yang tinggi dapat menurunkan risiko tukak lambung. Salah satu produk susu fermentasi yang bisa dikonsumsi adalah yoghurt. Kandungan asam yang terkandung di dalamnya tidak merangsang lambung untuk memproduksi asam berlebih, sehingga iritasi bisa dicegah. Yoghurt juga bisa mengobati penyakit maag, karena asam laktat di dalamnya dapat menyembuhkan luka pada dinding lambung.

Itulah penjelasan singkat tentang anggapan yang mengatakan bahwa susu murni bisa sebabkan maag makin para. Jika Anda masih bingung kenapa susu murni dapat menyebabkan maag bertambah parah, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter. Semoga informasinya bermanfaat!

 

Referensi: https://www.halodoc.com/artikel/susu-murni-perparah-maag-apa-benar

 

Share to