Tertawa Baik Untuk Hati dan Tekanan Darah, Benarkah?

Senin, 15 April 2019 Share to
Tertawa Baik Untuk Hati dan Tekanan Darah, Benarkah?

Tertawa memang dipercayai dapat menjadi obat paling tepat untuk mengembalikan semangat dan membuat seseorang menjadi lebih sehat. Pada dasarnya tertawa tidak hanya menjadi aktivitas yang menggembirakan, namun juga sangat menyehatkan. Bahkan dengan tertawa juga bisa memproteksi diri dari masalah emosional yang diakibatkan oleh stres jangka panjang serta depresi. Manfaat tertawa memang cukup banyak, salah satunya baik untuk kesehatan hati dan tekanan darah.

Tertawa Baik Untuk Hati Dan Tekanan Darah

Sebenarnya tertawa merupakan salah satu hal yang sangat baik dilakukan karena dapat membuat hati Anda menjadi lebih baik dan tentunya bahagia. Selain itu, tertawa juga menjadi obat terbaik untuk meredakan sakit. Hal ini bahkan sudah dijelaskan dalam sebuah penelitian menurut Yale Scientific, jika otak akan melepaskan neurotransmitter yaitu senyawa dopamin saat seorang sedang tertawa. Senyawa dopamin ini mampu memberikan efek rasa bahagia yang berkepanjangan.

Selain itu, tertawa juga sangat baik untuk kesehatan paru-paru, otot, jantung, hati serta kekebalan tubuh. Pasalnya dengan tertawa dapat membuat tubuh seseorang menjadi lebih rileks. Tubuh yang rileks tentunya dapat menjadi obat terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, efek dari tertawa juga bisa meningkatkan serotonin dan endorfin yang ada di dalam otak. Kedua zat tersebut cukup berguna untuk mengurangi hormon stress di dalam tubuh.

Tertawa juga bisa mengurangi kecemasan, rasa khawatir berlebihan, meningkatkan rasa bahagia serta meningkatkan perasaan positif. Biasanya saat tertawa seseorang lebih cenderung akan lupa dengan masalah berat yang sedang dialaminya. Oleh karena itu, jangan heran jika dikatakan tertawa juga dapat mengurangi hormon stress seperti kortisol. 

Perlu diketahui, saat tertawa akan membuat otot-otot seperti otot wajah, perut, kaki dan punggung ikut bergerak. Dengan begitu paru-paru bisa  berkembang dan Anda pun bisa bernapas lebih mudah. Aktivitas tertawa juga bisa memberi dorongan pada sistem kardiovaskular dalam tubuh. Sehingga pembuluh darah menjadi lebih lancar dan darah juga bisa mengalir ke seluruh tubuh secara sempurna. Selain itu, aktivitas tertawa juga bisa menurunkan tekanan darah sehingga mampu melindungi diri Anda dari serangan stroke, masalah jantung serta hati.

Demikianlah, semoga ulasan di atas dapat berguna dan menjadi referensi bacaan tambahan bagi Anda yang masih bertanya-tanya jika benarkah, tertawa baik untuk hati dan tekanan darah?

Share to