Tomat Bisa Sebabkan Asam Lambung, Mitos atau Fakta?

Jumat, 25 September 2020 Share to
Tomat Bisa Sebabkan Asam Lambung, Mitos atau Fakta?

Munculnya asam lambung bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari makan terlalu banyak, telat makanan atau mengonsumsi makanan-makan tertentu yang memicu naiknya asam lambung. Katanya, tomat adalah salah satu makanan yang ternyata bisa memicu asam lambung. Benarkah demikian?

Tomat tidak perlu diragukan lagi memang menyehatkan karena diketahui kaya akan kandungan likopen. Namun, dilansir dari laman situs WebMD, tomat juga sangat asam dan beresiko menyebabkan mulas pada seseorang yang memang rentan terhadap asam.

Jika Anda memang memiliki kondisi lambung yang sensitif dan memiliki riwayat asam lambung, Anda sebaiknya berhati-hati sebelum mengonsumsi tomat. Jangan memakannya dalam perut kosong atau dalam jumlah yang berlebihan.

Tapi ingat, bukan hanya tomat saja yang harus diwaspadai, karena masih banyak makanan-makanan lain yang ternyata mengandung asam dan dapat memicu asam lambung, seperti coklat, kafein, makanan yang bercita rasa masam, makanan pedas dan makanan yang tinggi lemak.

Semuanya makanan tersebut bisa memicu naiknya asam lambung. Kalau asam lambung yang kamu miliki sudah terlanjur kumat, segeralah minum antasida untuk meredakannya. Namun, jIka setelah mengonsumsi antasida belum juga reda, segeralah periksakan kondisi Anda ke ahli medis di fasilitas medis terdekat.

Share to