Anosmia, Salah Satu Gejala Covid-19 yang Harus Diwaspadai

Selasa, 15 September 2020 Share to
Anosmia, Salah Satu Gejala Covid-19 yang Harus Diwaspadai

Anosmia, gangguan yang terjadi pada indera penciuman ini (smell blindness), umumnya terjadi saat hidung tersumbat karena pilek. Begitu pilek sembuh, indera penciuman akan berfungsi kembali. Tapi saat ini, anosmia harus diwaspadai karena bisa menjadi pertanda kondisi medis yang lebih serius. 

Dilansir dari CNN, jurnal America Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery, mengungkapkan bahwa gejala anosmia juga bisa dipakai untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya infeksi virus yang saat ini masih menjadi pandemi di banyak negara, Covid-19.

Dalam laporan studi tersebut, anosmia sudah tampak secara umum pada mereka yang dites positif terinfeksi Covid-19 tanpa gejala lain. Tidak sedikit pasien Covid-19 di seluruh dunia yang diketahui positif terinfeksi virus corona tanpa gejala demam tinggi atau batuk tetapi mereka mengalami anosmia.

Penderita anosmia umunya kehilangan minat dan nafsu makan yang kemudian bisa menyebabkan terjadinya kurang gizi dan penurunan berat badan. Dilansir dari laman situs merdeka.com, mereka dengan anosmia juga harus memastikan alarm asap dan alarm kebakaran berfungsi dengan baik di rumah setiap saat. 

Untuk mereka yang ditengah pandemi memiliki gejala kehilangan indra penciuman dan perasa selain segera memeriksakan diri ke fasilitas medis terdekat, para profesor dari British Rhinological Society dan British Association of Otorhinolaryngology menyarankan untuk  segera mengisolasi diri selama 7 hari untuk mencegah penyebaran penyakit lebih lanjut.

Mereka yang mengalami anosmia juga harus berhati-hati ketika penyimpanan makanan dan penggunaan gas karena seperti yang sudah diketahui, mereka dengan anosmia mengalami anosmia kurang mampu mendeteksi makanan busuk dan kebocoran gas.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Anda atau ada orang di sekitar Anda yang mengalami anosmia, segeralah memeriksakan diri ke fasilitas medis terdekat untuk bisa segera mendapat perawatan dan pengobatan terbaik.

Share to