Begini Ciri-ciri Gangguan Kecemasan

Jumat, 29 Mei 2020 Share to
Begini Ciri-ciri Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan masalah kesehatan mental yang membuat mereka yang menderita merasa khawatir dan takut berlebih dalam menghadapi keadaan sehari-hari.  Dilansir dari laman situs Mayo Clinic, cemas sejatinya adalah bagian dari emosi yang normal, tapi gangguan kecemasan menyebabkan pengidapnya merasa cemas yang intens. Kadang kala ketakutan itu bisa sampai menjadi serangan panik hanya dalam hitungan menit.

Gangguan kecemasan juga beresiko mengganggu kegiatan sehari-hari karena sulit mengontrol emosi. Masalah kesehatan mental ini bisa muncul sejak masih kanak-kanak atau remaja, dan akan berlanjut sampai penderita tumbuh dewasa.

Dilansir dari laman situs Healthline, berikut adalah ciri-ciri gangguan kecemasan (anxiety disorder).

1. Khawatir berlebihan

Kekhawatiran pada ganguan kecemasan biasanya tidak hanya terjadi sekali. Tetapi, bisa terjadi hampir setiap hari dalam 6 bulan dan terasa sulit diatasi.

2. Waspada berlebih

Saat merasa cemas berlebih, bagian dari sistem saraf parasimpatiknya akan menjadi terlalu aktif seperti dalam mode waspada atau siaga menghadapi ancaman. Efeknya akan dirasakan di seluruh tubuh, mulai dari jantung berdetak kencang, telapak tangan berkeringat, tangan gemetar, sampai mulut kering.

3. Gelisah

Gelisah merupakan ciri-ciri gangguan kecemasan yang biasanya dialami anak-anak dan remaja. Ketika gangguan kecemasan datang, mereka akan merasa gelisah sampai tidak mampu beraktivitas dengan normal. Walaupun demikan gelisah tidak selalu menjadi tanda gangguan kecemasan. Dokter biasanya baru mendeteksi gangguan kecemasan jika timbul gejala gelisah selama lebih dari 6 bulan.

4. Sulit konsentrasi

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa sejumlah penderita gangguan kecemasan mengeluhkan sulit untuk konsentrasi. Tapi, sulit konsentrasi juga bisa jadi gejala atau kondisi medis lainnya, seperti gangguan perhatian dan depresi. Beberapa studi mengungkapkan, kecemasan juga bisa mengganggu bagian otak yang mengendalikan memori jangka pendek.

Itulah beberapa ciri-ciri seseorang sudah mengalami gangguan kecemasan. Jika ciri-ciri tersebut ada pada Anda atau pada seseorang yang Anda kenal, segeralah berkonsultasi dengan ahli medis untuk segera mendapat perawatan terbaik.

 

 

Share to