Dengan Berpuasa Kadar Kolesterol Bisa Turun, Benarkah?

Jumat, 14 Juni 2019 Share to
Dengan Berpuasa Kadar Kolesterol Bisa Turun, Benarkah?

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh seringkali menjadi salah satu pemicu timbulnya berbagai macam penyakit, mulai dari hipertensi, penyakit jantung, hingga penyakit yang menyerang organ lain. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk pandai - pandai mengatur pola makan agar kadar kolesterol tetap pada rentang normal. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk bertahap menurunkan kadar kolesterol adalah dengan berpuasa. Beberapa alasan yang menguatkan pendapat ini di antaranya :

Konsumsi makanan saat puasa umumnya lebih terkontrol

Ada berbagai penelitian yang membuktikan bahwa puasa cukup efektif untuk menurunkan kadar kolesterol, salah satunya adalah yang termuat di American Journal of Applied Sciences. Puasa ramadhan yang memiliki jadwal sahur dan berbuka yang teratur membuat konsumsi makanan pada saat berpuasa umumnya lebih terkontrol. Hasil studi membuktikan bahwa kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein) cenderung turun dan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein) di dalam tubuh cenderung mengalami peningkatan.

Puasa membuat pembakaran cadangan lemak untuk menjadi energi semakin efektif

Pada kondisi normal, umumnya energi yang digunakan sehari - hari berasal dari glukosa yang disimpan di otot dan hati. Glukosa ini didapat dari pemecahan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Pada saat berpuasa, di mana waktu makan lebih sempit dan Anda harus menahan haus dan lapar lebih dari 12 jam, kadar glukosa yang Anda peroleh saat sahur umumnya akan habis digunakan saat beraktivitas. Pada kondisi ini, maka tubuh akan mulai merespon dengan memecah lemak yang ada di dalam tubuh dan menjadikannya energi, sehingga kadar kolesterol dalam tubuh pun berkurang.

Tips mencegah peningkatan kolesterol saat berpuasa

Meski berpuasa, tak jarang kadar kolesterol dalam tubuh Anda justru meningkat. Hal ini dapat terjadi bila pola makan dan pemilihan makanan Anda tak terkontrol dengan baik. Setelah beberapa jam menahan haus dan lapar, tak jarang beberapa dari Anda menjadi kalap saat berbuka dengan memakan berbagai jenis makanan hingga merasa kenyang. Agar hal ini tak terjadi, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Tetap menjaga porsi makan pada saat sahur dan berbuka
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang membantu mengendalikan kolesterol, seperti kacang - kacangan, ikan, sayur dan buah

Membatasi konsumsi gorengan karena minyak yang terkandung dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Share to