Gangguan Makan: Gejala Sakit, Penyebab & Cara Mengatasi

Kamis, 28 Januari 2021 Share to
Gangguan Makan: Gejala Sakit, Penyebab & Cara Mengatasi

Gangguan makan merupakan gangguan mental yang berhubungan dengan mengonsumsi makanan. Penderita gangguan ini bisa mengonsumsi terlalu sedikit atau terlalu banyak makanan, dan terobsesi pada berat badan atau bentuk tubuh. Penyebab gangguan makan ini umumnya gabungan dari faktor genetik, faktor biologis, serta masalah psikologi. Berikut adalah gejalanya.

  1. Bulimia nervosa

Bulimia nervosa adalah gangguan makan yang membuat penderitanya ingin membuang makanan yang dikonsumsinya dengan cara yang tidak sehat, seperti memuntahkan kembali makanan yang telah dimakan. Tindakan tersebut biasanya dilakukan karena penderita merasa bersalah telah makan banyak dan takut berat badannya berlebih.

Penderita bulimia nervosa beresiko mengalami gangguan kesehatan, seperti  peradangan pada tenggorokan, membengkaknya kelenjar ludah pada leher dan rahang, dehidrasi parah karena kekurangan cairan, gangguan pencernaan, gigi sensitif dan rusak, dan gangguan elektrolit.

  1. Anoreksia nervosa

Gangguan ini membuat penderitanya akan membatasi asupan makannya karena merasa berat badannya berlebihan, walaupun kenyataannya tubuhnya sudah kurus atau mungkin justru terlalu kurus.

Asupan kalori yang terlalu sedikit pada penderita anoreksia nervosa dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti tumbuh rambut atau bulu halus di seluruh tubuh (lanugo), kulit kering, otot menjadi lemah, dan masih banyak lagi. Gangguan-gangguan kesehatan tersebut harus segera ditangani karena bisa berakibat fatal hingga mengakibatkan penderitanya meninggal.

Untuk menanganinya, psikiater biasanya akan melakukan psikoterapi, dan pemberian obat antidepresan atau anti kecemasan. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Referensi: https://www.klikdokter.com/penyakit/gangguan-makan

Share to