Gejala Asam Urat Ini Sering Disepelekan

Kamis, 20 Agustus 2020 Share to
Gejala Asam Urat Ini Sering Disepelekan

Penyakit asam urat merupakan sejenis penyakit sendi yang terjadi karena kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Penumpukan asam urat akan membentuk kristal di sendi, yang bisa memicu nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh.  Walau umumnya terbentuk di sendi, kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal dan saluran kemih. Kondisi tersebut ini bisa mengganggu fungsi ginjal atau menyebabkan gangguan pada saluran kemih.

Berikut adalah gejala asam urat yang sering disepelekan.

 

Nyeri sendi yang terus-menerus

Asam urat umumnya berpengaruh pada sendi besar pada jempol kaki. Namun, perlu diingat adalah ini dapat terjadi pada sendi manapun, seperti pergelangan tangan, lutut, siku, dan jari. Rasa sakit yang lebih parah bisa terjadi dalam 4 sampai 12 jam pertama setelah asam urat menyerang persendian.

 

Serangan nyeri tiba-tiba

Serangan asam urat juga bisa terjadi secara tiba-tiba. Misalnya saat tengah malam atau dini hari saat kita tertidur. Tak jarang, penderitanya mengalami kondisi ini dapat terbangun secara tiba-tiba di malam hari dengan sensasi jempol terasa seperti terbakar. Sendi yang juga bisa terasa panas, bengkak, serta lunak.

 

Peradangan dan pembengkakan

Saat mengalami asam urat, tanpa disadari, kristal urat bisa menumpuk di sendi selama bertahun-tahun. Saat ada kristal menumpuk di sendi, beberapa di antaranya bisa saja menyebar dari tulang rawan ke ruang sendi.

Kristal ini berbentuk kecil, keras, dan tajam, serta dapat bergesekan dengan lapisan lunak sendi (sinovium). Inilah yang menyebabkan pembengkakan dan peradangan rasa sakit yang kita kenal sebagai serangan asam urat.

 

Sendi merah dan panas

Selain sendi bisa bengkak dan meradang, asam urat juga bisa membuat sendi berwarna kemerahan dan terasa panas. Hal ini sudah pasti akan mengurangi kemampuan pergerakan sendi sehingga penderitanya menjadi tidak nyaman saat bergerak.

Bahkan setelah rasa sakit mereda, ketidaknyamanan mungkin akan masih bisa dirasakan. Keluhan ini bahkan bisa berlangsung dalam seminggu. Ketika asam urat membaik, kulit di sekitar persendian yang terkena, mungkin akan terasa gatal dan mengelupas.

 

Muncul benjolan (tofi)

Kalau tidak diobati, asam urat bisa menyebabkan komplikasi serius yang lebih parah. Contohnya, muncul sebuah benjolan (tofi). Tofi umumnya tidak terasa sakit, tetapi bisa menghalangi aktivitas sehari-hari. Tofi bisa tumbuh di dalam persendian dan bisa juga menyebabkan kerusakan tulang, terutama tulang rawan.

 

Itulah gejala asam urat yang sering disepelekan. Jika gejala-gejala yang disebutkan di atas terjadi, ada baiknya jika Anda segera memeriksakannya ke ahli medis untuk mendapat perawatan dan solusi terbaik.

Share to