Gejala Awal Diabetes Ini Tidak Boleh Disepelekan

Kamis, 5 November 2020 Share to
Gejala Awal Diabetes Ini Tidak Boleh Disepelekan

Penyakit diabetes sudah sejak lama diderita oleh banyak orang di dunia, termasuk negara kita.  Di Indonesia, jumlahnya bahkan terus meningkat. Dilansir dari laman situs kompas.com, sebuah laporan memperkirakan pada 2030 mendatang jumlah mereka yang terkena diabetes bisa mencapai lebih dari 21 juta jiwa.

Kondisi ini sudah pasti harus menjadi perhatian kita semua karena selain berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia, penyakit diabetes juga bisa menyebabkan tingginya beban biaya kesehatan masyarakat setiap tahunnya.

Salah cara pencegahan atau penanggulangan sejak dini penyakit ini adalah dengan mengenal dan mewaspadai gejala awal diabetes dan berikut adalah beberapa gejala awal diabetes yang harus kita waspadai.

  1. Rasa lapar dan kelelahan berlebih

Tubuh akan mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi glukosa yang akan dipakai sel untuk energi.  Namun, sel membutuhkan insulin untuk mengambil glukosa. Kalau tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau kalau sel menolak insulin yang dibuat tubuh, glukosa tidak akan masuk ke dalamnya dan tubuh menjadi tidak memiliki energi. Kondisi inilah yang bisa membuat kita jadi lebih mudah lapar dan tubuh lebih lelah dari biasanya.

  1. Lebih sering buang air kecil dan semakin haus

Umumnya,  buang air kecil antara 4 dan 7 kali dalam 24 jam, Namun,  penderita diabetes mungkin akan buang air kecil lebih sering. Kenapa? Umumnya, tubuh kita akan menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal. Namun saat diabetes mendorong gula darah naik, ginjal mungkin tidak dapat membawa semuanya kembali.

Hal ini menyebabkan tubuh akan mengeluarkan lebih banyak urine. Karena sering buang air kecil, kita bisa menjadi sangat haus. Ketika minum lebih banyak, maka juga akan lebih banyak buang air kecil.

  1. Mulut kering dan kulit gatal

Karena tubuh memakai cairan untuk buang air kecil, kelembaban untuk hal-hal lain menjadi berkurang dan tubuh bisa mengalami dehidrasi dan mulut mungkin terasa kering. Kulit kering yang terjadi juga bisa membuatnya terasa gatal.

  1. Penglihatan kabur

Perubahan kadar cairan dalam tubuh bisa membuat lensa mata jadi membengkak. Lensa mata bisa berubah bentuk, tidak bisa fokus dan akhirnya penglihatan menjadi kabur.

Itulah beberapa gejala awal diabetes yang harus diwaspadai. Semoga informasinya bermanfaat dan jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut segeralah memeriksakan diri ke fasilitas medis terdekat!

 

Referensi: https://health.kompas.com/read/2020/10/12/060100568/4-gejala-awal-diabetes-yang-tak-boleh-disepelekan?page=all.

Share to