Gejala Flu Tulang yang Harus Diwaspadai

Selasa, 29 September 2020 Share to
Gejala Flu Tulang yang Harus Diwaspadai

Di dalam dunia medis sejatinya tidak ada istilah flu tulang. Tetapi, dilansir dari laman situs alodokter.com, penyakit chikungunya dan osteomielitis, seringkali disebut sebagai flu tulang. Nah, untuk mengetahui alasan kedua penyakit itu sering dianggap flu tulang, ada baiknya jika kita mengenali kedua jenis penyakit tersebut, termasuk gejalanya. 

Penyakit Chikungunya

Chikungunya disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh nyamuk (Aedes albopictus dan Aedes aegypti) yang sudah terinfeksi kepada manusia. Penyakit chikungunya sering dianggap sebagai flu tulang karena menyerang persendian.

Virus genus Alphavirus yang ditularkan oleh nyamuk bisa membuat seseorang yang terinfeksi mengalami beberapa gejala, seperti:

  • Demam sampai 40 derajat Celcius dan sendi membengkak.
  • Merasakan kelelahan, pusing, sakit otot, mual, dan timbul ruam-ruam di kulit.
  • Muncul rasa sakit pada sendi bagian pergelangan kaki, punggung bawah, lutut, antar tulang jari, atau pergelangan tangan.

Gejala-gejala di atas biasanya akan berlangsung selama sekitar 3 hari. Walau jarang berakibat fatal, virus bisa tetap tinggal di dalam tubuh selama sekitar 7 hari.

Penyakit Osteomielitis

Tidak sama dengan Chikungunya, osteomielitis yang juga sering disebut dengan flu tulang adalah infeksi tulang disebabkan oleh bakteri yang menyerang tulang. Tidak cuma orang dewasa, anak-anak juga bisa terserang penyakit ini. osteomielitis umumnya ditandai dengan beberapa gejala, seperti:

  • Nyeri pada bagian yang terinfeksi dan munculnya bercak kemerahan, disertai dengan demam dan meriang.
  • Tubuh terasa tidak nyaman dan bagian yang terinfeksi akan terlihat mengering, membengkak, kaku atau mengalami kelumpuhan.
  • Demam dan sakit pada bagian tulang.

Jika Anda atau ada orang terdekat Anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas medis terdekat. Di sana, dokter akan mendiagnosis kondisi Anda dan menentukan penanganan yang tepat.

 

Share to