Gejala-gejala Anda Terkena Hipertensi

Rabu, 14 November 2018 Share to
Gejala-gejala Anda Terkena Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang cukup mengerikan. Selain cukup sulit dideteksi, hipertensi pun meningkatkan risiko stroke, dan segudang masalah kesehatan lainnya, seperti gangguan fungsi ginjal, jantung, otak, hingga mata.

Siapa yang paling berpeluang menderita hipertensi?

Ada banyak faktor yang meningkatkan peluang Anda menderita hipertensi, seperti faktor usia (di atas 50 tahun) dan faktor keturunan atau riwayat hipertensi dalam keluarga. Selain itu, berikut merupakan beberapa faktor lainnya yang meningkatkan peluang Anda menderita hipertensi.

  1. Obesitas merupakan faktor tertinggi penyebab hipertensi, bahkan bisa mencapai 64 persen. Makin gemuk tubuh Anda, makin besar peluang hipertensi.
  2. Anda yang jarang melakukan aktivitas fisik tidak hanya berpeluang mengalami obesitas, tapi juga meningkatkan risiko hipertensi.
  3. Makanan dengan kandungan garam tinggi merupakan pemicu hipertensi. Waspadalah jika Anda termasuk orang yang suka dengan makanan asin, apalagi jika yang dikonsumsi adalah junk food.
  4. Perokok dan pecandu alkohol merupakan paket komplit yang meningkatkan peluang kematian karena hipertensi dan serangan jantung.
  5. Stres memiliki dampak besar pada kehidupan Anda. Selain menurunkan produktifitas dan merusak hubungan sosial, stres pun bisa menyebabkan hipertensi.

Bagaimana gejala hipertensi?

Agar tidak dianggap enteng, berikut merupakan kondisi saat Anda sudah mulai terkena hipertensi.

  1. Sering mengalami sakit kepala yang sangat parah, bahkan sakit kepala ini tidak reda dengan mengonsumsi obat penghilang sakit kepala.
  2. Penglihatan sering tiba-tiba buram. Hal ini disebabkan karena tekanan darah yang terlalu tinggi menyebabkan pembengkakakan pembuluh darah di area mata.
  3. Sering mengalami nyeri di bagian dada merupakan salah satu gejala hipertensi yang cukup parah. Bahkan hipertensi Anda sudah mulai mengganggu jantung.
  4. Sama seperti jantung, paru-paru pun bisa terganggu saat Anda mengalami hipertensi. Akibatnya, saat tekanan darah meninggi, Anda mungkin akan sulit bernapas.

Yang paling harus diwaspadai adalah, ketika Anda tiba-tiba kehilangan keseimbangan seperti baru saja keluar dari arena permainan komedi putar atau baru menaiki biang lala. Kondisi ini merupakan pertanda jika stroke sudah mulai mengincar.

Hubungi Dokter Untuk Memastikannya

Untuk memastikan kondisi kesehatan Anda, sebaiknya segera hubungi dokter. Tekanan darah Anda bisa dikatakan normal jika menunjukkan angka di bawah 120/80 mmHG. Kalau alat ukur tekanan darah sistolik menginjak angka 130/80 mmHg, atau bahkan lebih, sebaiknya mulailah melakukan perawatan.

Hal yang pertama harus dilakukan adalah, mengubah gaya hidup Anda dengan membatasi makanan yang bisa memicu hipertensi, seperti makanan tinggi lemak, tinggi garam, gula, junk food dan minuman bersoda. Selain itu, mulailah untuk melakukan program berhenti merokok!

Share to