Gejala-gejala Awal Serangan Jantung yang Harus Diwaspadai

Rabu, 11 November 2020 Share to
Gejala-gejala Awal Serangan Jantung yang Harus Diwaspadai

Penyakit jantung sering disebut sebagai silent killer karena seringkali terjadi kapanpun tanpa menunjukkan tanda atau gejala. Meskipun begitu, ada beberapa kasus serangan jantung umumnya diawali dengan sejumlah tanda, namun sayangnya sering diabaikan karena beberapa tanda serangan jantung tersebut tidak terjadi di area dada. Dilansir dari laman situs CNN Indonesia, berikut adalah beberapa tanda awal serangan jantung, yang harus kita waspadai.

  1. Sesak napas

Sesak napas atau rasa nyeri di sekitar dada bisa menjadi salah satu gejala awal umum dari serangan jantung. Rasa ini mungkin hanya terjadi beberapa menit dan sering dianggap sebagai sesak napas atau gejala maag akut.

Tetapi ingat, bila Anda memiliki kondisi yang meningkatkan risiko serangan jantung, atau sesak napas tidak hilang setelah beberapa menit, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mencegah terjadinya serangan jantung mendadak.

  1. Masalah pencernaan

Tanda serangan jantung lain yang sering dihubungkan dengan penyakit maag adalah masalah pencernaan seperti rasa mual, mulas, dan nyeri perut. Muntah-muntah yang diikuti dengan nyeri dada bisa jadi adalah salah satu tanda awal serangan jantung. Tanda ini lebih sering dialami oleh pria ketimbang wanita. Tanda ini tidak boleh diabaikan terutama jika Anda juga mengalami kolesterol tinggi serta hipertensi.

  1. Nyeri lengan

Serangan jantung juga bisa dimulai dari nyeri pada dada yang menjalar ke bagian sisi tubuh seperti lengan. Namun, sejumlah pasien yang hanya mengalami nyeri pada lengan juga menunjukkan tanda awal penyakit jantung. Nyeri pada lengan sebagai tanda penyakit jantung biasanya akan disertai dengan kesemutan tanpa sebab yang jelas. Jika rasa nyeri pada lengan sering terjadi, segeralah untuk memeriksakan kesehatan ke dokter.

  1. Terasa ingin pingsan

Ada banyak hal yang bisa membuat kita merasa pusing dan hilang keseimbangan (seperti ingin pingsan), seperti kurang makanan atau mengubah posisi dari duduk ke berdiri terlalu cepat. Tetapi, jika kondisi ingin pingsan ini terjadi tiba-tiba ketika sedang duduk, ini bisa menjadi tanda awal serangan jantung. Hal ini disebabkan tekanan darah turun karena jantung Anda tidak mampu memompa darah seperti seharusnya.

  1. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan mayoritas terjadi akibat infeksi akibat flu atau sinus. Tetapi, jika sakit tenggorokan terasa hingga ke bagian dada, maka itu bisa menjadi salah satu tanda awal serangan jantung.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika gejala-gejala tersebut Anda rasakan, segeralah memeriksakan diri ke fasilitas medis terdekat!

 

Referensi: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191125155305-255-451309/10-tanda-awal-serangan-jantung-yang-sering-diabaikan

 

Share to