Gejala-gejala Infeksi Ginjal yang Sering Tidak Disadari

Kamis, 24 September 2020 Share to
Gejala-gejala Infeksi Ginjal yang Sering Tidak Disadari

Anda pasti sudah banyak tahu bahwa ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting dan karena itulah kesehatan organ yang satu ini harus dijaga supaya terhindar dari berbagai masalah yang dapat mengganggu fungsinya, seperti infeksi ginjal.  Namun sayangnya ada beberapa orang yang tidak menyadari saat dirinya terkena infeksi ginjal. 

 

Berikut adalah beberapa gejala infeksi ginjal yang perlu kita waspadai.

 

  1. Terasa nyeri atau sensasi terbakar ketika buang air kecil 

Jika merasakan nyeri atau seperti terbakar ketika buang air kecil, sebaiknya kita perlu waspada karena mungkin saja kondisi tersebut menandakan adanya infeksi ginjal. Bakteri tidak hanya menyerang lapisan kandung kemih dan ginjal, tapi juga mampu menyusup ke ujung jaringan dan saraf saluran kemih yang beresiko menyebabkan rasa nyeri pada area tersebut. 

 

  1. Sering buang air kecil 

Sering buang air kecil walau kandung kemih hampir kosong, juga merupakan salah satu gejala infeksi ginjal yang paling awal. Peradangan kandung kemih karena terjadinya infeksi membuatnya lebih sensitif terhadap tekanan dari urin. Hal inilah yang menyebabkan sensasi penuh pada kandung kemih sehingga kita merasa ingin dan lebih sering buang air kecil.

 

  1. Nyeri punggung

Ginjal yang terinfeksi umumnya akan membengkak dan menjadi lunak. Infeksi ginjal ini juga mungkin menyebabkan rasa nyeri pada satu atau kedua sisi tubuh. Karena letak ginjal tidak jauh dari  punggung ketimbang perut, maka rasa sakit yang umumnya muncul pada bagian punggung bagian bawah atau bisa juga pada bagian pinggang. 

 

  1. Nyeri perut atau panggul 

Infeksi ginjal juga bisa menyebabkan nyeri perut atau panggul. Terjadinya infeksi di sekitar perut bisa menyebabkan otot perut berkontraksi dan akhirnya muncullah rasa nyeri. Bahkan daerah panggul atau selangkangan juga bisa terasa sakit saat ginjal terinfeksi.

 

Itulah beberapa gejala infeksi ginjal yang perlu kita waspadai dan jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segeralah memeriksakan diri ke fasilitas medis terdekat untuk mendapat perawatan terbaik.

 

Share to