Gejala Jantung Koroner yang Tidak Boleh Diabaikan

Minggu, 23 Agustus 2020 Share to
Gejala Jantung Koroner yang Tidak Boleh Diabaikan

Penyakit jantung koroner merupakan jenis penyakit jantung yang paling sering terjadi. Tapi sayang, sampai saat ini masih sedikit yang tahu tentang gejala jantung koroner. Padahal, semakin cepat penyakit dideteksi dan mendapatkan penanganan yang efektif, semakin besar pula peluang untuk sembuh.

Berikut adalah gejala jantung koroner yang tidak boleh diabaikan

  1. Nyeri dada (angina)

Angina merupakan nyeri dada yang terjadi saat area otot jantung kurang asupan oksigen. Angina ini terasa seperti dada sedang ditekan atau diremas kuat-kuat. Umumnya, hal ini akan dirasakan saat kita terlalu banyak berkegiatan.

  1. Keringat dingin dan mual

Saat pembuluh darah menyempit, otot-otot jantung mengalami kekurangan asupan oksigen (iskemia). Kondisi ini menyebabkan keluarnya keringat berlebih dan penyempitan pembuluh darah, yang kemudian muncul keringat dingin. Di sisi lain, iskemia juga bisa memicu reaksi mual dan muntah.

  1. Serangan jantung

Serangan jantung juga bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit jantung koroner. Arteri koroner yang tersumbat bisa menyebabkan serangan jantung dan salah satu gejala serangan jantung yang paling sering muncul adalah nyeri pada dada, lengan, atau bahu yang disertai dengan sesak napas dan juga keringat dingin.

  1. Gagal jantung

Selain serangan jantung, gagal jantung juga bisa gejala penyakit jantung koroner. Dilansir dari laman situs hellosehat.com, berdasarkan National Heart Service, saat gagal jantung terjadi, jantung menjadi lebih lemah untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Hal ini beresiko menyebabkan penumpukan cairan pada paru-paru dan menyebabkan penderita menjadi semakin susah bernapas.  Gagal jantung bisa terjadi secara tiba-tiba atau bertahap seiring berjalannya waktu.

Jika Anda mengalami beberapa tanda di atas, jangan diabaikan. Segera berkonsultasi dengan dokter yang bisa Anda temui di fasilitas medis terdekat, seperti klinik atau rumah sakit.

 

Share to