Gejala Liver Bermasalah yang Harus Diwaspadai

Jumat, 9 Oktober 2020 Share to
Gejala Liver Bermasalah yang Harus Diwaspadai

Liver (hati) adalah organ tubuh yang berada tepat di bawah tulang rusuk di sisi kanan perut. Organ ini bertugas mencerna makanan dan juga membersihkan tubuh dari zat beracun. Menurut laman situs Mayo Clinic, kalau seseorang mengalami penyakit liver, hal itu kemungkinan karena genetik (keturunan) atau disebabkan oleh berbagai faktor yang merusak hati, seperti virus, penggunaan alkohol, dan kelebihan berat badan (obesitas).

Masalah pada organ liver ini adalah sesuatu yang serius dan tidak boleh dianggap sepele. Kenapa? Karena masalah pada liver bisa berakibat fatal pada penderitanya. Lalu, apa saja gejala yang perlu diketahui saat hati mengalami masalah? Berikut adalah gejala liver bermasalah yang harus diwaspadai.

  1. Kulit dan mata yang terlihat kekuningan (jaundice) 

Gejala pertama adalah kulit serta bagian mata yang putih tampak menguning. Ini bisa terjadi karena terjadinya penumpukan zat kekuningan di dalam darah. Kondisi seperti ini disebut dengan jaundice.  Beberapa penyebab umum masalah liver dengan gejala ini adalah hepatitis, kanker, minum terlalu banyak alkohol, menyalahgunakan ekstasi, paparan zat beracun dan berbagai infeksi. 

 

  1. Pembengkakan 

Saat liver tidak mampu melakukan tugasnya, kemungkinan mereka yang terindikasi mengidap penyakit liver, akan mengalami pembengkakan di perut dan kakinya. Ini bisa terjadi karena tertahannya air di sekitar perut dan kaki. 

 

  1. Kulit terasa gatal 

Penyakit liver juga menyebabkan kulit menjadi gatal, dan yang terparah mengarah ke sakit gagal ginjal, tiroid, dan kanker. Gatal di kulit umumnya akan mempengaruhi seluruh tubuh. Kulit pun kemungkinan akan tampak normal kecuali area yang tergores atau digaruk secara berulang. 

 

  1. Mudah memar

Mereka yang mengalami masalah pada liver, tubuhnya akan lebih mudah memar atau berdarah karena organ hatinya sudah memperlambat atau menghentikan produksi protein yang diperlukan untuk pembekuan darah. Hati sendiri sejatinya menghasilkan beberapa faktor pembekuan, yang akan mulai menghilang pada mereka yang terindikasi mengalami gejala penyakit liver. 

 

  1. Hilang selera makan 

Mereka yang mengalami penyakit liver juga tidak memiliki selera makan, bahkan akan sering merasakan mual atau muntah ketika ingin makan, dan hal ini perlu diwaspadai. Mual atau muntah yang dirasakan ini ada kaitannya dengan organ hati yang sudah tidak bisa menerima dan mencerna makanan dengan baik, yang secara otomatis akan menolak makanan yang masuk.

 

Itulah beberapa gejala liver bermasalah yang perlu diwaspadai. Semoga informasinya bermanfaat dan jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang hal ini bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis.

 

Referensi: https://tirto.id/kenali-6-gejala-liver-bermasalah-yang-perlu-diwaspadai-eioY

 

Share to