Gejala Osteomielitis yang Perlu Kita Waspadai

Minggu, 6 Desember 2020 Share to
Gejala Osteomielitis yang Perlu Kita Waspadai

Masalah pada kesehatan tulang ternyata tidak hanya pengeroposan , tapi ada juga penyakit tulang yang juga harus diwaspadai, yaitu osteomielitis. Penyakit tulang yang satu ini disebabkan karena adanya infeksi bakteri. Walaupun termasuk penyakit yang jarang ditemui (langka), osteomielitis bisa menyebabkan dampak serius.

Osteomielitis harus diwaspadai karena bakteri penyebab osteomielitis bisa menyebar ke tulang, sumsum tulang, dan jaringan lunak di sekitar tulang melalui aliran darah. Nah, agar kita bisa mendeteksi penyakit ini lebih dini, berikut adalah penjelasan singkat tentang gejala osteomielitis.

Gejala yang umumnya muncul adalah rasa nyeri pada lokasi infeksi. Tidak hanya itu, beberapa gejala osteomielitis berikut juga bisa terjadi:

  • Tulang yang terinfeksi memerah dan bengkak.
  • Area yang terinfeksi menjadi kaku dan sulit digerakkan.
  • Keluarnya cairan dari area yang terinfeksi.
  • Demam sampai menggigil.
  • Gelisah dan tidak enak badan.
  • Berkeringat dan panas dingin.

Selain gejala-gejala di atas, osteomielitis juga bisa menimbulkan gejala lain, seperti kekakuan sendi yang permanen atau abses yang berkepanjangan meskipun penyakit sudah sembuh. Jika gejala-gejala tersebut Anda rasakan, segeralah memeriksakan diri ke fasilitas medis terdekat untuk mendapat perawatan terbaik.

 

Referensi: https://www.halodoc.com/artikel/gejala-osteomielitis-nyeri-hingga-demam

Share to