Gejala Pneumonia yang Harus Diwaspadai

Kamis, 9 April 2020 Share to
Gejala Pneumonia yang Harus Diwaspadai

Pneumonia merupakan infeksi yang menyerang paru-paru, dan menyebabkan penderitanya mengalami berbagai gejala, mulai dari sesak napas dan batuk-batuk. Pneumonia pada bisa disebabkan oleh virus, bakteri, parasit, atau jamur. Tetapi pada kebanyakan kasus, pneumonia disebabkan oleh virus.

Pneumonia biasanya diawali dengan munculnya gangguan pada saluran pernapasan atas, yaitu pada hidung dan tenggorokan. Gejala awalnya, seperti pilek dan sakit tenggorokan, akan muncul dalam 2-3 hari setelah infeksi terjadi.

Gangguan itu kemudian bisa menyebar ke saluran pernapasan bawah (paru-paru). Di paru-paru, penyebab pneumonia lalu bisa menyebabkan penumpukan cairan, sel darah putih, dan juga kotoran. Akibatnya, saluran napas menjadi tersumbat, sehingga paru-paru tidak mampu bekerja dengan normal.

Gejala pneumonia bisa berbeda, tergantung dari penyebabnya. Pada pneumonia yang disebabkan oleh bakteri, gejala akan muncul dengan cepat dan tiba-tiba dengan kondisi:

  1. Batuk berdahak
  2. Nyeri dada
  3. Muntah atau diare
  4. Nafsu makan berkurang
  5. Tubuh lemas
  6. Demam

Untuk gejala pneumonia akibat virus, cukup mirip dengan gejala yang disebabkan oleh bakteri. Namun, kemunculannya akan perlahan.

Sedangkan untuk jenis mycoplasma pneumonia, gejala yang muncul cukup berbeda dengan kedua kondisi yang disebutkan sebelumnya. Kenapa? Karena pada jenis ini gejala justru tidak diawali dengan pilek, tapi oleh kondisi:

  1. Demam dan batuk
  2. Batuk yang tidak kunjung reda, dan dapat bertahan hingga tiga atau empat minggu
  3. Batuk yang cukup parah, hingga berdahak

Selain gejala yang khas dari masing-masing penyebabnya, ada juga tanda umum yang bisa terjadi pada semua jenis pneumonia, yaitu:

  1. Demam
  2. Nyeri dada dan sakit perut
  3. Nafsu makan berkurang
  4. Menggigil
  5. Napas pendek-pendek dan cepat
  6. Muntah
  7. Sakit kepala
  8. Tidak enak badan

Itulah beberapa gejala Pneumonia yang harus diwaspadai. Jika gejala-gejala yang disebutkan muncul, segeralah periksakan diri Anda ke fasilitas medis terdekat untuk bisa segera mendapat pengobatan yang tepat.

Share to