Ini Perbedaan Gejala Awal Meningitis dengan Flu

Kamis, 19 November 2020 Share to
Ini Perbedaan Gejala Awal Meningitis dengan Flu

Meningitis merupakan penyakit yang menyebabkan adanya peradangan pada selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Dilansir dari laman situs kompas.com, enanggung Jawab Vaccine Clinic RS Jogja International Hospital (JIH) Solo, dr. Ira Fania F., menjelaskan meningitis termasuk penyakit menular yang pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dan proses penularan meningitis tergolong mudah.

Menurut dr.Ira, penyakit ini bisa menular dari manusia ke manusia melalui saluran pernapasan ataupun cipratan air liur. Ia juga menerangkan bahwa gejala awal meningitis hampir sama seperti penyakit flu (influenza). Tetapi, gejala meningitis bisa bertambah berat berupa panas tinggi dalam waktu yang singkat, sekitar 12-24 jam sejak munculnya gejala.

Sementara flu diketahui tidak menunjukan gejala tersebut dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dengan masa inkubasi rata- rata selama 2 – 4 hari. Menurut dr. Ira, seseorang yang terkena meningitis juga bisa merasakan gejala lain yang lebih spesifik.

Beberapa gejala yang mungkin menyertai adalahi:

  1. Leher kaku
  2. Sakit kepala parah
  3. Mual atau muntah
  4. Kejang (Pada meningitis, gejala kejang merupakan salah satu tanda kegawatan. Kejang yang terjadi tersebut bisa pada sebagian atau seluruh tubuh. Frekuensinya pun bisa sesekali atau terus-menerus, tergantung pada tingkat keparahan meningitis).

Itulah penjelasan singkat tentang perbedaan gejala awal meningitis dengan flu. Jika Anda ingin penjelasan lebih lengkap mengenai meningitis bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis di fasilitas medis terdekat.

 

Referensi:

https://health.kompas.com/read/2020/04/09/120100268/gejala-awal-meningitis-dan-flu-mirip-ini-bedanya?

 

Share to