Jenis Penyakit Jantung dan Gejalanya yang Perlu Kita Waspadai

Minggu, 20 Desember 2020 Share to
Jenis Penyakit Jantung dan Gejalanya yang Perlu Kita Waspadai

Tidak hanya satu, ternyata ada banyak jenis penyakit atau gangguan jantung yang biasa dialami oleh mereka yang didiagnosa menderita penyakit jantung. Masing-masing jenis menyerang organ jantung dengan cara yang tidak sama. Berikut adalah beberapa jenis penyakit jantung dan gejalanya yang perlu kita waspadai.

  1. Penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan merupakan istilah umum untuk beberapa kelainan bentuk jantung yang sudah terjadi sejak lahir. Berikut adalah beberapa penyakit jantung bawaan:

  • Cacat septum, munculnya lubang di antara dua bilik jantung.
  • Cacat obstruksi, aliran darah yang melalui berbagai ruang jantung tersumbat sebagian atau seluruhnya.
  • Penyakit jantung sianotik, cacat pada jantung yang menyebabkan kekurangan oksigen di seluruh tubuh.
  1. Aritmia

Aritmia merupakan kondisi di mana jantung tidak berdetak secara teratur. Aritmia ini dibagi lagi ke dalam beberapa jenis:

  • Takikardia (jantung berdetak terlalu cepat)
  • Bradikardia (jantung berdetak terlalu lambat)
  • Kontraksi ventrikel prematur (denyut abnormal)
  • Fibrilasi (detak jantung tidak teratur)
  1. Penyakit arteri koroner

Arteri koroner tugasnya adalah memasok otot jantung dengan nutrisi dan oksigen melalui sirkulasi darah. Kerusakan pada arteri koroner umumnya disebabkan oleh timbunan plak yang mengandung kolesterol. Penumpukan plak ini kemudian menyebabkan arteri koroner menyempit dan akibatnya pasokan oksigen dan nutrisi ke jantung menjadi lebih sedikit.

  1. Kardiomiopati dilatasi

Kardiomiopati dilatasi adalah kondisi dimana bilik jantung melebar karena kelemahan otot jantung. Kondisi ini menyebabkan jantung tidak mampu memompa darah dengan baik. Tidak hanya itu, kurangnya pasokan oksigen karena penyakit arteri koroner bisa memicu kardiomiopati dilatasi.

  1. Infark miokard

Pada kondisi ini, aliran darah terputus atau menghancurkan otot jantung. Kondisi ini biasanya dipicu oleh pembekuan darah pada salah satu arteri koroner. Kondisi ini juga bisa terjadi secara tiba-tiba ketika ada penyempitan arteri.

  1. Gagal jantung

Kondisi ini terjadi ketika jantung tidak memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik. Penyakit arteri koroner dan tekanan darah tinggi bisa membuat jantung terlalu kaku atau lemah untuk memompa darah dengan benar.

Itulah beberapa jenis beberapa jenis penyakit jantung dan gejalanya yang perlu kita waspadai. Semoga informasinya bermanfaat!

 

Referensi: https://health.kompas.com/read/2020/09/29/060600068/6-jenis-penyakit-jantung-dan-gejalanya-yang-perlu-diwaspadai?page=all

 

Share to