Kapan Harus Curiga Kalau Menderita Diabetes, Apa Gejala Awalnya?

Kamis, 5 September 2019 Share to
Kapan Harus Curiga Kalau Menderita Diabetes, Apa Gejala Awalnya?

Meskipun diabetes adalah penyakit yang memiliki dampak kesehatan serius dan perlu dicegah sedini mungkin, banyak penderitanya yang terlambat menyadari bahwa ia rupanya sudah mengalami gejala penyakit ini.

Agar Anda tidak mengalami hal yang serupa, yuk kenali beberapa gejala awal diabetes yang penting! Dengan begitu, Anda pun bisa memeriksakan diri dan melakukan langkah-langkah pencegahan yang tepat agar gejala diabetes tersebut tidak berkembang jadi lebih serius!

  1. Sering kencing

Apakah Anda akhir-akhir ini sering bolak-balik ke toilet untuk kencing? Kalau iya, Anda perlu berhati-hati. Soalnya, hal ini bisa jadi merupakan gejala diabetes, apalagi kalau beser alias selalu ingin kencing terjadi di malam hari saat Anda seharusnya tertidur lelap.

  1. Mudah haus

Selain sering kencing, salah satu gejala diabetes lainnya yang perlu Anda cermati adalah perasaan gampang haus, bahkan jika Anda sudah cukup minum. Gejala ini disebabkan tubuh yang perlu mengganti cairan yang telah terlanjur keluar lewat urin karena sering buang air kecil. Karena itu, kalau Anda punya riwayat diabetes di dalam keluarga dan mengalami dua gejala ini saja, sebaiknya segera cek kadar gula darah Anda. Kalau ternyata hasilnya normal tapi Anda tetap sering buang air kecil dan cepat merasa haus, konsultasikan dengan dokter segera.

  1. Gampang lapar

Bukan hanya mudah haus, ciri-ciri diabetes lainnya yang perlu diwaspadai adalah perasaan mudah lapar, bahkan jika Anda baru saja selesai makan berat. Hal ini disebabkan kegagalan tubuh dalam merespon atau memproduksi hormon insulin dengan baik, sehingga tubuh berpikir Anda masih lapar lantaran belum mendapatkan asupan sumber glukosa.

  1. Penurunan berat badan secara drastis

Jika berat badan Anda turun padahal Anda tidak sedang berdiet, apalagi jika angka penurunannya termasuk drastis dan bahkan terus-menerus, ada risiko bahwa ini merupakan gejala diabetes. Penurunan berat badan ini kira-kira hingga mencapai 5% dari berat badan total, atau bahkan lebih. Hal ini dikarenakan tubuh yang jadi mengambil energi dari sumber lain, seperti protein dan bukannya karbohidrat. Akibatnya, tubuh pun memecah lemak dan otot agar menjadi sumber energinya. Padahal, otot di dalam tubuh manusia menyumbang kira-kira 45% dari berat badan pria, atau 36% dari berat badan wanita. 

  1. Kulit kering

Ternyata, diabetes juga memengaruhi kondisi kulit penderitanya, lho! Sudah diketahui bahwa banyak pasien diabetes yang memiliki kulit kering, bahkan sampai gatal, bersisik, dan pecah-pecah. American Diabetes Association sendiri menyatakan bahwa 1 dari 3 orang mengalami ciri-ciri diabetes seperti kondisi kulit yang kering dan gatal. Penyebabnya rupanya berkaitan dengan kecenderungan untuk sering buang air kecil, sehingga tubuh kehilangan cairan dalam jumlah besar. Dampaknya, kulit pun kehilangan kelembaban alami dan sensitivitas saraf berkurang, yang mengakibatkan sirkulasi darah di bawah permukaan kulit penderita diabetes pun terhambat. 

Kalau Anda atau orang-orang di sekitar mengalami satu atau beberapa gejala diabetes di atas, tak ada salahnya untuk langsung memeriksakan kadar gula darah dan berkonsultasi pada dokter. Sebab, bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Share to