Mengenal Ciri dan Gejala Alergi Matahari

Jumat, 4 Desember 2020 Share to
Mengenal Ciri dan Gejala Alergi Matahari

Harus diakui, alergi matahari dan terbakar matahari memang merupakan dua kondisi yang mirip. Namun, gejala yang ditimbulkan oleh alergi matahari umumnya cenderung lebih parah ketimbang terbakar matahari jadi Anda harus lebih waspada. Berikut adalah penjelasan singkat tentang alergi matahari.

Alergi matahari merupakan istilah untuk menggambarkan kondisi kulit yang gatal dan memerah setelah terkena paparan sinar matahari. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti kenapa tubuh bisa mengembangkan reaksi seperti ini.

Tetapi bisa dipastikan, alergi matahari terjadi sebagai reaksi sistem daya tahan tubuh yang salah dalam menganggap bahwa sel komponen kulit yang terpapar matahari merupakan benda asing sehingga muncul alergi.

Akibatnya, tubuh berbalik menyerangnya dan menimbulkan reaksi alergi seperti ruam merah serta lecet. Tidak hanya itu, mereka yang mengalami alergi matahari juga akan merasakan gejala-gejala lainnya seperti:

  1. Kulit terasa gatal dan nyeri
  2. Kulit melepuh
  3. Muncul bintil-bintil kecil di kulit
  4. Kulit mengeras

Gejala alergi matahari ada banyak macamnya, tergantung pada jenis alergi matahari yang terjadi. Beberapa tipe alergi matahari adalah polymorphous light eruption (PMLE), actinic prurigo, photoallergic eruption, dan solar urticaria.

Lalu, adakah cara untuk mencegahnya?

Untuk mencegah gejala alergi matahari, kita disarankan untuk:

  1. Menghindari paparan sinar matahari secara langsung, terutama pada siang hari saat matahari sedang berada pada puncaknya.
  2. Memakai tabir surya dengan SPF minimal 30 (pilih yang memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB).
  3. Memakai celana panjang, baju lengan panjang, dan topi, saat ingin keluar rumah pada siang hari.
  4. Memakai kacamata hitam ketika beraktivitas di bawah terik matahari.

Semoga informasi ini bermanfaat dan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang alergi matahari, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis.

 

Referensi: https://www.alodokter.com/kenali-perbedaan-antara-alergi-matahari-sun-rashes-dan-terbakar-matahari-sunburn

Share to